Rindangnya Pantai Gatra

2

ADADIMALANG – Mungkin pengunjung dan pecinta wisata pantai di wilayah Kabupaten Malang sama sekali belum pernah mendengar nama Pantai Gatra. Nah, kali ini saya akan memberikan informasi tentang Pantai Gatra yang lokasinya masih berdekatan dengan Pantai Clungup di Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Malang Selatan.

Letaknya yang berdekatan dengan Pantai Clungup membuat pengunjung cukup menuju akses ke Pantai Clungup yaitu dengan melewati pertigaan ke arah TPI Sendang Biru. Sesampainya di pertigaan tersebut, sudah ada papan petunjuk yang bertuliskan Pantai Clungup sehingga pengunjung cukup mengikuti arah penunjuk itu saja.

Untuk masuk ke Pantai Gatra pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 6.000,- sudah termasuk biaya masuk ke Pantai Clungup, Pantai Savana, Pantai Mini, Pantai Batu Pecah dan Pantai Tiga Warna. Sebelum pengunjung melanjutkan perjalanan, di pos penjagaan yang disediakan oleh warga itu pengunjung diwajibkan untuk mendaftarkan nama pengunjung dan jumlah rombongan, jumlah botol minuman yang dibawa, jumlah snack/makanan serta jumlah tas plastik yang pengunjung bawa. Hal itu dilakukan karena Pantai Clungup, Pantai Savana, Pantai Mini, Pantai Batu Pecah dan Pantai Tiga Warna merupakan kawasan konservasi yang harus dijaga kebersihan dan keindahannya.

Membutuhkan waktu selama 20 menit berjalan kaki dari pos penjagaan ke Pantai Gatra setelah sebelumnya pengunjung akan melewati Pantai Clungup terlebih dahulu. Dari pantai Clungup itu pengunjung akan berjalan ke arah timur sampai tiba di pantai Gatra.

Pantai Gatra merupakan pantai yang satu tipe dengan Pantai Clungup yaitu memiliki ombak yang tidak terlalu besar karena ombak yang langsung dari Samudera Hindia terhalang oleh pulau karang, adanya gradasi warna air laut yang sama yaitu hijau kebiruan, pasir pantai yang berwarna putih yang berjenis pasir merica. Namun Pantai Gatra lebih rindang daripada pantai Clungup karena di pinggir pantai Gatra ini ditumbuhi beberapa pohon dan pengunjung bisa mendirikan hammock sambil menikmai keindahan pantai dan semilirnya angin. (A.Y)

Share.

About Author

2 Komentar

Leave A Reply