Mahasiswa FTP Brawijaya temukan alat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas padi

0

Kota Malang – Dalam rangka untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas panen padi para petani, mahasiswa Fakultas Teknik Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya kali ini berhasil menemukan alat yang diberi nama MS. BLOOM.

MS. BLOOM ini diakui sebagai alat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi padi (Oryza sativa) dengan menggunakan teknologi sonic bloom yang memanfaatkan gelombang suara (frekuensi antara 3500–5000 Hz)untuk merangsang pembukaan stomata secara optimal. Dengan meningkatnya pembukaan stomata padi, maka bisa memaksimalkan penyerapan nutrisi saat dilakukan pemberian pupuk daun.

BLOOM merupakan alat penyempurnaan dari teknologi sonic bloom yang sudah ada sebelumnya, dimana MS.BLOOM dilengkapi dengan berbagai kelebihan seperti penggunaan panel surya sebagai sumber energi sehingga bersifat ramah lingkungan. Selain itu, MS. BLOOM telah dilengkapi sensor suhu serta sensor hujan sehingga alat tersebut dapat berhenti bekerja secara otomatis saat cuaca atau kondisi lingkungan tidak mendukung. Pada saat musim hujan jika stomata mengalami pembukaan secara optimal dapat menyerap air dalam jumlah berlebih sehingga dapat memicu kerusakan pada padi.

Selain untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas padi, MS. BLOOM saat ini sedang dalam tahap pengujian untuk pengusiran hama tikus sawah yang dinilai hama yang paling banyak merugikan petani. Hal ini berdasarkan pada literatur yang telah ada diketahui bahwa dengan panjang gelombang tertentu dapat mengusir tikus yang merasa terganggu oleh gelombang suara tersebut. Kelebihan keempat dari MS. BLOOM ini adalah mudah dalam pengoperasian serta dapat bekerja secara otomatis sehingga tidak memerlukan pengawasan dari petani secara intensif.

Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, diharapkan mampu menjadi solusi untuk membantu peningkatkan kuantitas dan kualitas produksi padi di Indonesia, mengingat padi (beras) merupakan kebutuhan pangan pokok bagi masyarakat Indonesia. Ketika pemenuhan produksi padi dapat terlaksana dapat menjadikan Indonesia negara mandiri / swasembada pangan serta dapat mewujudkan ketahanan pangan nasional. Dimana mewujudkan ketahanan pangan nasional merupakan salah satu tujuan dari pembuatan MS. BLOOM selain untuk mensejahterakan petani serta membantuh memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia.

MS.BLOOM ini dibuat oleh tim yang diketuai oleh Novemi Inka Rayna yang beranggotakan Choirima Ulfa Rusnia, Wahyu Intan Prastiwi, Istifar Yogi Prayogi, Hidayat Yogo Migunani, dan dibimbing oleh dosen FTP Endrika Widyastuti, S.Pt., M.Sc., M.P.

Share.

About Author

Leave A Reply