Perum Jasa Tirta I siap mengembangkan juga Sektor Pariwisata

0

Kota Malang – Jika selama ini Perum Jasa Tirta (PJT) I dikenal sebagai lembaga BUMN yang menjadi pengelola sumber daya air, dalam waktu mendatang PJT I dituntut untuk bisa mengembangkan usaha di bidang energi dan pariwisata.

Hal tersebut disampaikan oleh Edwin Hidayah Abdullah, Deputi Bidang Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN yang menyatakan bahwa untuk pengembangan di bidang energi dan pariwisata maka PJT I bisa memanfaatkan aset yang sudah dimiliki oleh PJT I.

“PJT I bisa menggunakan bendungan untuk menjadi tempat penempatan Solar Cell di atas bendungan, sehingga bendungan yang sudah ada juga tidak rusak atau berubah karena ada pemanfaatan yang lain, begitu juga dengan bidang pariwisata tinggal mengembangkan aset yang sudah ada selama ini,” ujar Edwin Hidayah Abdullah saat ditemui.

Perlu diketahui bahwa PJT I selama ini telah menjalankan aspek pariwisata seperti waduk Selorejo di Malang dan Waduk Wonorejo di Tulungagung namun masih dalam tahap sederhana.

Raymond Valiant Ruritan. MT, Direktur Utama PJT I menegaskan bahwa selama ini PJT I masih mengembangkan setor Pariwisata secara sederhana yaitu penyediaan aset PJT I berupa bendungan untuk kunjungan wisatawan.

“Untuk mewujudkan pengembangan di bidang pariwisata, maka PJT I akan bekerjasama dengan BUMN yang bergerak di bidang pariwisata yaitu Tourism Development Coorporation yang akan menyediakan paket wisata pada aset-aset PJT I yang sudah ada,” ujar pria ramah ini.

Daalam kunjungan Deputi Bidang Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN ke kantor PJT I di jalan Surabaya kota Malang tersebut, Raymond Valiant Ruritan menunjukkan aset yang dimiliki dan dikelola oleh PJT I serta perencanaan ke depan.

“Untuk planning yang disampakan tadi sudah sekitar 80% memenuhi apa yang menjad harapan kita ke depan, tinggal menambhi sedikit planning dan mengintegrasikan dengan lembaga lain untuk mengoptimalkan pengembangan di bidang energi dan pariwisata,” ujar Edwin Hidayah Abdullah.

Terkait dengan pengembangan bidang energi, rencananya PJT I akan mendirikan anak perusahaan yang akan memproduksi panel solar cell sendiri yang akan mempermudah pengembangan energi oleh PJT I.

“Dalam waktu dekat mungkin akan segera terealisasikan, tapi sudah kami ajukan beberapa waktu yang lalu,” pungkas Raymond Valiant. Ruritan. MT.(A.Y)

Share.

About Author

Leave A Reply