Adadimalang.com

The Art of News

banner 728x90

Keluarga Cameron dari Inggris kunjungi Kampung 3G pelajari Water Banking Movement

Keluarga Cameron dari Inggris kunjungi Kampung 3G pelajari Water Banking Movement

Kota Malang – Setelah satu tahun yang lalu salah satu anggota keluarganya mendatangi Kampung Glintung Go Green (3G) di kota Malang, pada hari Selasa (19/9) Keith Cameron yang sudah pernah ke Kampung 3G kembali datang bersama seluruh anggota keluarga Cameron yang tinggal di berbagai daerah di Inggris seperti London, Southhampton dan lain-lain.

Kunjungan Keith Cameron bersama sekitar 10 anggota keluarganya ke Kampung 3G adalah untuk menunjukkan bagaimana sebuah wilayah yang memiliki keterbatasan lahan justru bisa melakukan tindakan yang luar biasa hingga mendapat penghargaan dari luar negeri.

“Setahun yang lalu saya sudah datang ke sini dan melihat apa yang sudah dikerjakan oleh Pak Bambang bersama warga yang saya nilai luar biasa dan sekarang saya ajak seluruh anggota keluarga saya untuk menyaksikan sendiri bagaimana Kampung 3G ini dibangun dan berbuat sesuatu untuk lingkungan di tengah keterbatasannya,” ujar Keith Cameron melalui penerjemahnya.

Menanggapi pertanyaan dari para anggota Keluarga Cameron, Ketua RW 23 Kelurahan Purwantoro yang juga merupakan inisiator Kampung 3G, Ir. Bambang Irianto menyatakan bahwa dirinya dengan menggunakan kekuasaan sebaga Ketua RW adalah langkah awal terbentuknya Kampung 3G dimana warga diminta menanam atau memiliki tanaman di rumahnya apabila ingin melakukan pengurusan surat atau administrasi.

“Ya kalau ingin meniru apa yang sudah dilakukan di kampung 3G ini, minimal lakukan gerakan menabung air secara pribadi di masing-masing rumah,” ungkap pria berkacamata ini.

Sejak datang bersama keluarganya, Keith Cameron bersama anggota keluarganya menyaksikan berbagai macam aplikasi gerakan menabung air (Water Banking Movement) dan biopori serta sumur injection yang ada di Kampung 3G didampingi oleh Ir. Bambang Irianto yang menjelaskan dan menjawab berbagai pertanyaan dari keluarga Cameron.

“Inovasi Water Banking Movement yang dimiliki oleh Kampung Glintung Go Green sampai membuat keluarga Cameron ini jauh-jauh dari London yang sedang berlibur ke Bali itu menyempatkan mampir ke Kampung 3G ini untuk melihat Water Banking Movement secara langsung. Setelah dari sini, Keith Cameron bersama keluarganya berjanji akan mulai membuat lubang di halaman rumahnya untuk menerapkan konsep gerakan menabung air seperti di Kampung 3G,” ujar Bambang Irianto.

Bambang Irianto lebih lanjut menegaskan Kampung 3G siap jika diminta untuk melakukan replikasi konsep Kampung 3G di berbagai daerah untuk menyikapi perubahan iklim dan mengurangi dampak banjir. (A.Y)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan