Ribuan orang hadiri pagelaran budaya ‘Pelangi Bangsaku’ di SMAK Kosayu Malang

1

Kota Malang – Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, Bulan Bahasa dan juga Hari Pahlawan serta memberikan apresiasi bagi siswa yang berasal dari 26 Provinsi di seluruh Indonesia, SMAK Kolese Santo Yusuf (SMAK Kosayu) selama dua hari melaksanakan gelar Pelangi Bangsaku yang dihadiri oleh ribuan orang, Sabtu (28/10).

Kepada awak media, Humas SMAK Kolese Santo Yusuf, Elisabeth Aning Adicahyani menjelaskan jika acara yang melibatkan seluruh siswa (1.700 siswa) dan sektar 120 orang guru tersebut dilaksanakan secara rutin setiap dua tahun sekali.

“Tahun ini temanya adalah Menjalin Keberagaman yang sudah ada dan menjadikan sebuah kekuatan dari sekolah. Konsepnya sama seperti tahun sebelumnya dengan mengangkat budaya di setiap daerah dengan memamerkan kesenian daerahnya masing-masing dimana ikonnya tahun ini adalah Papua dan Maluku,” ujar Elisabeth Aning Adicahyani.

Dengan adanya acara tersebut, pihak sekolah berharap para siswa bisa belajar berwirausaha dengan menjual hasil karya dan menjual keberagaman kuliner dan budaya di daerahnya masing-masing.

“Para siswa bisa dilihat sangat kreatif dalam mengapresiasikan kesenian dan budaya masing-masing daerah. Bahkan Bupati Jayawijaya juga sudah menyempatkan diri datang ke sekolah kami ini untuk melihat secara langsung acara Pelangi Bangsaku,” ujar perempua ramah ini.

Dengan mengeksplorasi seluruh budaya dari daerah asal para siswa, kegiatan Pelangi Bangsaku tersebut diharapkan dapat dijadikan tujuan wisata di Kota Malang dan masuk sebagai agenda wisata rutin kota Malang.

Dari pantauan di lokasi, ribuan masyarakat serta orang tua murid nampak bersemangat untuk hadir dan menikmati pagelaran akbar Pelangi Bangsaku di SMAK Kolese Santo Yusuf yang membagi beberapa tempat dengan berbagai icon kegiatan di lingkungan sekolah seperti ruang pameran yang menampilkan berbagai stand kesenian dan budaya dari daerah-daerah, panggung utama yang menyajikan berbagai hiburan dan atraksi kesenian daerah yang ditampilkan oleh para siswa dan juga tour ke beberapa bagian sekolah yang masuk dalam kegiatan Pelangi Bangsaku kali ini.  (A.Y)

Share.

About Author

1 Komentar

Leave A Reply