BEM Fakultas Ekonomi UM gelar Debat Nasional Mahasiswa

0

Kota Malang – Kondisi perekonomian di Indonesia dengan segala perkembangannya saat ini melalui kebijakan-kebijakan yang dibuat pemerintah dinilai merupakan suatu kondisi menarik yang harus dipahami generasi muda khususnya mahasiswa. Terkait dengan hal tersebut, membuat BEM Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (FE UM) kembali menggelar kegiatan National Economic Debat Competitive (NEDC) untuk kali kedua yang digelar mulai pagi hari tadi, Sabtu (12/05).

Kordinator Dewan Juri NEDC, Puji Handayati menjelaskan bahwa kegiatan National Economic Debate Competitive (NEDC) merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh BEM FE UM dalam rangka meningkatkan wawasan keilmuan bidang Ekonomi dan peningkatan komunikasi skill mahasiswa.

“Selain itu NEDC juga menjadi wadah silaturahmi nasional bagi mahasiswa-mahasiswa ekonomi. Selain itu, isu-isu ekonomi terkini seperti kenaikan harga BBM, melemahnya rupiah, penjualan aset negara, maraknya Tenaga Kerja Asing (TKA) yang membanjiri Indonesia dan pernyataan nyentrik para Menteri kabinet ini sangat menarik untuk didiskusikan,” ungkap Puji Handayati.

 

Event debat nasional mahasiswa ekonomi dengan tema ‘Aktualisasi Kebijakan Pemerintah untuk Membangun stabilitas Perekonomian Nasional‘ ini menurut Puji Handayati sangatlah penting sehingga komposisi juri menjadi prioritas untuk menjaga obyektifitas dan independensi dewan juri.

“Untuk NEDC ini dewan juri dipilih beberapa pakar seperti Ahli Ekonomi Syariah dari UIN Maulana Malik Ibrahim, Ahli Manajemen UMKM, Ahli Ekonomi pembangunan, Ahli Koperasi, Ahli Akuntansi Keuangan, Ahli akuntansi pemerintahan dan Ahli perpajakan dari berbagai instansi dan perguruan tinggi,” ungkap Puji Handayati yang juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Komisariat Malang Raya.

Ditemui di lokasi yang sama, Ketua Pelaksana NEDC tahun 2018, Fajar Dharmawa menjelaskan bahwa peserta NEDC tahun ini berasal dari 30 perguruan tinggi yang ada di Indonesia sebagai peserta yang mengirimkan 44 tim.

“Awalnya ada 48 tim, tetapi ada empat tim yang mengundurkan diri yaitu dari Padang, Unsri, Stan dan Universitas Udayana.Satu perguruan tinggi diijinkan mengirimkan lebih dari satu tim yang beranggotakan tiga orang,” ungkap Fajar Dharmawan.

NEDC akan dilaksanakan selama dua hari mulai hari ini, dimana hari pertama akan dilaksanakan technical meeting dan pengundian. Sementara hari kedua akan dilaksanakan proses seleksi 18 besar hingga terpilih para pemenangnya.

“Proses seleksi akan dilaksanakan di dalam kelas-kelas yang akan diikuti oleh 12 tim yang akan melaksanakan debat,” jelas Fajar Dharmawan.

Sementara itu, Perwakilan IAI Komisariat Malang Raya yang menjadi dewan juri, Sulis Rochayatun menilai bahwa animo peserta untuk mengikuti NEDC tahun kedua ini semakin bagus dimana hampir semua perwakilan perguruan tinggi mengikuti kegiatan tersebut.

“Mulai dari proses seleksi tersebut saya menilai sudah terlihat kualitasnya bagaimana. Dan kualitas para mahasiswa yang mengikuti acara ini luar biasa,” ungkap Sulis Rochayatun.

Sulis berharap dengan adanya kegiatan debat yang mengambil kebijakan ekonomi pemerintah tersebut bisa didapatkan gagasan dan ide bahkan solusi tentang kebijakan yang dibuat pemerintah di bidang ekonomi saat ini. (A.Y)

Share.

About Author

Leave A Reply