Rektor Universitas Brawijaya akan ditentukan siang hari ini

0

Kota Malang – Setelah melalui berbagai macam proses dan tahapan mulai pendaftaran hingga seleksi administrasi, Pemilihan Rektor Universitas Brawijaya (UB) akan menentukan siapa Rektor terpilih dari tiga kandidat yang sudah dinyatakan lolos hingga tahap akhir pemilihan Rektor (Pilrek) UB hari ini, Rabu (23/05).

Agenda Pemilihan Rektor UB yang mundur dari jadwal tanggal 18 April 2018 ini akan dilaksanakan hari ini terkait dengan surat dari Kementerian Ristek & Dikti nomor 2042/A.A2/RHS/KP/2018 tertanggal 17 Mei 2018 yang menyatakan bahwa proses penelusuran rekam jejak Calon Rektor Universitas Brawijaya Periode 2018-2022 telah selesai, sehingga proses pemilihan Rektor dapat dilanjutkan. Dalam surat tersebut juga menyebutkan bahwa Kuasa Menteri bersedia menghadiri acara Pemilihan Rektor Universitas Brawijaya pada tanggal 23 Mei 2018 di gedung Widyaloka Universitas Brawijaya secara tertutup.

Perlu diketahui, dari lima kandidat Rektor yang mendaftarkan diri yakni Nuhfil Hanani A.R, Muhammad Bisri, Osfar Sjofjan, Tjahyo Suprajogo dan Sujito Satriyodipuro telah ditetapkan hanya empat kandidat saja yang lolos ke tahap berikutnya melalui seleksi administrasi dimana seleksi administrasi yang dilaksanakan kemudian hari tersebut meloloskan empat pendaftar ke tahap berikutnya kecuali Sujito Satriyodipuro.

Pada tanggal 8 Maret 2018, Senat Universitas Brawijaya telah melaksanakan rapat pleno tertutup dengan agenda pelaporan Hasil Penjaringan Bakal Calon Rektor UB periode 2018-2022 kepada senat sekaligus Penyaringan dan Penetapan Calon Rektor UB periode 2018-2022 oleh anggota senat, dimana dari empat kandidat yang sudah lolos tahapan seleksi administrasi tersebut mengikuti tahapan pemilihan Calon Rektor oleh 161 orang anggota senat dari total 173 anggota Senat UB.

Darihasil pemilihan melalui pemungutan suara oleh anggota senat tersebut, didapatkan hasil perhitungan Mohammad Bisri suara yang sama dengan Nuhfil Hanani  sebanyak 77 suara,  Osfar Sjofjan memperoleh 6 suara dan Tjahjo Suprayogo memperoleh 1 suara. Dari hasil tersebut, Tiga bakal Calon Rektor dengan perolehan suara tertinggi akan maju sebagai Calon Rektor yang berkasnya akan dikirim ke Kemenristekdikti untuk dilakukan penelitian rekam jejak.

Munculnya surat dari Kemenristekdikti nomor  2042/A.A2/RHS/KP/2018 tertanggal 17 Mei 2018 menyatakan penulusuran rekam jejak Calon Rektor UB telah selesai dan Perwakilan Kementerian Ristek Dkti bisa mengikuti Pemilihan Rektor UB yang dilakukan secara Tertutup mulai pukul 14.00 WIB siang nanti.

Pemilihan Rektor Universitas Brawijaya hari ini rencananya akan diikuti oleh 171 orang anggota senat UB yang memiliki hak pilih serta perwakilan dari Kementerian Ristek Dikti, dimana prosentase suara 35% merupakan hak suara Menteri dan 65% hak suara dari Senat UB.

Siapakah yang akan terpilih ? Akankah Petahana (incumbunt) M. Bisri, atau Penantang M. Bisri di Pilrek sebelumnya yakni Nuhfil Hanani atau justru Osfar Sjofjan.

Sesuai tagline Pilrek UB 2018 yakni “UB Memilih yang Terbaik dengan Hati Nurani”, diharapkan Pemilihan Rektor Universitas Brawijaya ini bisa berlangsung secara demokratis dan menghasilkan pemimpin UB yang terbaik. (A.Y)

Share.

About Author

Leave A Reply