Baznas kota Malang berikan bantuan konsumtif di 9 Kelurahan di kota Malang

0

Kota Malang – Memanfaatkan momentum bulan puasa Ramadhan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kota Malang menggelar pemberian bantuan bagi lansia, dhuafa dan anak yatim yang ada di 9 Kelurahan di kota Malang.

Direktur Bidang Kesehatan dan Sosial Baznas kota Malang, Erna Susanti menjelaskan bahwa kegiatan pemberian bantuan tersebut merupakan sarana distribusi bagi para lansia, dhuafa dan yatim piatu ang merupakan binaan dari Baznas Kota Malang.

“Penerima bantuan ini adalah lansia, dhuafa dan anak yatim yang merupakan binaan Baznas kota Malang yang sudah secara rutin dilakukan home visit oleh Baznas kota Malang. Kita berikan dana konsumtif, baju muslim dan mukena,” ungkap Erna Susanti.

Kegiatan pemberian bantuan pertama kali dilaksanakan di kelurahan Buring kecamatan Kedungkandang di masjid Nurul Barokah yang diikuti oleh masyarakat binaan Baznas kota Malang yang sudah memenuhi areal masjid Nurul Barokah sejak pukul 15.30 WIB hari ini.

“Selain untuk pembinaan di bidang kesehatan bagi para lansia yang memang sudah tidak bisa diproduktifkan, kegiatan ini juga untuk peningkatan spiritual kerohanian dengan adanya pemberian siraman rohani dari ulama sekitar,” ungkap perempuan berhijab ini di sela-sela acara.

Dari kelurahan Buring tersebut ditargetkan bisa memberikan bantuan kepada 100 yatim atau dhuafa serta 125 lansia, dimana secara keseluruhan di 9 Kelurahan ditargetkan ada 1.120 lansia, 1000 yatim atau dhuafa yang akan mendapatkan bantuan dari Baznas kota Malang.

“Untuk anak yatim nanti akan ada seleksi lagi dimana 200 anak yatim yang terpilih akan mengikuti program yang lain yakni berbelanja di mall bersama orang tua asuh,” ungkap Erna Susanti.

Sembilan kelurahan yang akan mendapatkan bantuan dari Baznas kota Malang antara lain kelurahan Kedungkandang, Buring, Cemorokandang, Merjosari, Arjowinangun, Kotalama, Kasin, Bandung Rejosari dan Kebonsari.

Sementara itu ulama dari Pondok Pesantren dan masjid Nurul Barokah, Nur Ro’is menyatakan kegembiraan atas terlaksananya pemberian bantuan di kelurahan Buring tersebut.

“Kami merasa gembira karena dengan kegiatan ini bisa menyenangkan orang miskin yang ada di sini. Bantuan yang diberikan juga sangat berguna bagi orang lanjut usia (lansia) dan masyarakat yang sedang kurang sehat,” ujar Nur Ro’is.

Nur Ro’is berharap agar kegiatan pemberian bantuan bagi dhuafa, anak yatim dan lansia di kelurahan Buring tersebut bisa menjadi agenda tahunan dari Baznas kota Malang. (A.Y)

Share.

About Author

Leave A Reply