ITN Malang tandatangani Dua Kerjasama dengan Kabupaten Tajo Una-Una hari ini

0

Kota Malang – Bertempat di ruang serbaguna gedung Pasca Sarjana Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Bupati Kabupaten Tajo Una-Una M. Lahat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Rektor ITN Malang Lalu Mulyadi pagi hari tadi, Kamis (12/07).

Bupati Tojo Una-Una, M Lahat berharap dengan penandatanganan kerjasama dengan ITN Malang tersebut dapat mengembangkan dan memajukan wilayahnya.

“Di Tojo Una-Una ini memiliki Enam kawasan atau kecamatan di darat dan Enam lainnya merupakan kawasan kepulauan. Tujuan kami dengan melaksanakan kerjasama ini adalah untuk membangun Tojo Una-Una,” ungkap M. Lahat.

Setelah penandatanganan MoU tersebut, Rektor ITN Malang, Lalu Mulyadi menyambut gembira pembuatan kerjasama antara ITN Malang dengan kabupaten Tojo Una-Una yang diharapkan akan mampu memberikan dampak positif bagi pengembangan kabupaten Tojo Una-Una.

“Kami memiliki banyak pakar di banyak jurusan dan bidang ilmu yang bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah kabupaten Tojo Una-Una. Dan kerjasama dengan kabupaten Tojo Una-Una ini bukanlah yang pertamakali karena sudah dilaksanakan periode sebelumnya,” ujar Lalu Mulyadi.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Kerjasama (LP2K) ITNM Malang, Togi H. Nainggolan menjelaskan bahwa kerjasama antar berbagai daerah yang dilakukan oleh ITN Malang tersebut sudah dilaksanakan pada periode kepemimpinan Rektor ITN Malang yang sebelumnya.

“Pada tahun 2010 kita diberi kepercayaan oleh Kementerian yang dulu Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal atau sekarang Kementerian Desa terkait dengan pemberdayaan masyarakat khususnya daerah kabupaten terpencil. Kita mendapat tugas di wilayah NTT waktu itu di Kabupaten Rote untuk melaksanakan pemukiman transmigrasi wilayah yang termasuk kawasan strategis nasional. Selain itu di Jawa Timur juga dilaksanakan kerjasama dengan kabupaten Pamekasan, Nganjuk, kabupaten Malang dan yang lainnya ,” ujar Togi H. Nainggolan di hadapan para undangan yang hadir dalam penandatanganan MoU tersebut.

Usai penandatanganan MoU yang dilaksanakan oleh Bupati Tojo Una-Una M. Lahat dengan Rektor ITN Malang Lalu Mulyadi, kabupaten Tojo Una-Una dan ITN Malang kembali melaksanakan penandatanganan Surat Perjanjian Kontrak yakni antara Lembaga Bisnis dan Diklat (LBD) ITN Malang dengan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (BP4D) kabupaten Tojo Una-Una.


Pejabat Pembuat Komitmen BP4D kabupaten Tojo Una-Una, Bambang WR. Adam menjelaskan bahwa Surat Perjanjian Kontrak yang dibuat tersebut terkait pengerjaan Revisi Rancangan Tata Ruang dan Tata Wilayah (RTRW) dari kabupaten Toko Una-Una dimana RTRW yang sebelumnya sudah dikerjakan oleh ITN Malang kontrak kerjanya berakhir pada bulan April 2018.

“Karena sudah berakhir bulan April 2018 lalu, maka hari ini kita perpanjang Surat Perjanjian Kontrak kerjanya,” ungkap Bambang WR. Adam.

Sementara itu, Ketua LBD ITN Malang, Andreanus Agus Santosa menyatakan bahwa pihaknya akan mengerjakan sebaik mungkin revisi RTRW kabupaten Tojo Una-Una yang diserahkan kepada tim ITN Malang.

“Memang RTRW itu akan ada revisinya untuk mengikuti kebutuhan daerah yang berubah atau berkembang setiap tahunnya. Kami akan bekerjasama dengan tim dari Prodi Tata Wilayah Kota (Planologi) dan terbuka untuk pekerjaan yang lain mengingat ITN Malang ini memiliki banyak pakar di bidangnya,” pungkas Andreanus Agus Santosa. (A.Y)

Share.

About Author

Leave A Reply