FEB Unmer Malang gelar Seminar Internasional tentang UMKM Indonesia dan Jepang

0

Kota Malang – Perkembangan bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia yang dinilai sangat pesat menjadi salah satu alasan bagi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Merdeka (Unmer) Malang untuk menggelar seminar internasional di Gedung PPI Unmer Malang pada pagi hari ini, Sabtu (11/08).

“Acara Seminar Internasional ini merupakan kegiatan rutin yang kami laksanakan setiap semester dimana kali ini mengambil tema tentang  small, medium enterprises terkait strategi pertumbuhan antara jepang dan Indonesia serta penerapan akuntansi untuk perusahaan kecil dan menengah,” ujar Dekan FEB Unmer Malang, Rudy Wahyono di sela-sela pelaksanaan seminar internasional.

Rudy mengkui bahwa pemilihan tema tentang UMKM sebagai tema seminar internasional tersebut terkait dengan pasar global dimana masalah UMKM di Indonesia dinilai sangat luar biasa sementara di Jepang juga mengalami pertumbuhan UMKM setelah sempat terjadi penurunan sehingga diharapkan bisa diketahui perbandingan pertumbuhan UMKM di Jepang dan di Indonesia


“Selain mengetahui tentang hasil komparasi antara pertumbuhan UMKM di Jepang dan di Indonesia, seminar internasional ini merupakan salah satu upaya kita untuk terus meningkatkan atau mempertahankan akreditasi fakultas dimana kita baru saja berhasil mendapatkan penilaian akreditasi A beberapa waktu lalu. Salah satu penilaian akreditasi tersebut adalah intensitas pelaksanaan seminar internasional seperti yang kita laksanakan pagi hari ini,” ugkap Rudy Wahyono.

Terkait pengembangan UMKM di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unmer Malang, Rudy mengakui menerapkan strategi yang berbeda khususnya di mata kuliah kewirausahaan agar mahasiswa benar-benar memahami, tertarik dan bisa memiliki jiwa entrepreneur.

“Jadi di FEB Unmer itu ada pengembangan kurikulum terintegrasi di untuk mata kuliah kewirausahaan yang berisi teori dan praktek dengan disertai field trip ke pelaku UMKM untuk mempelajari secara langsung bagaimana start up bisnis. Dengan begitu maka mahasiswa akan benar-benar mengetahui dan memahami tentang kewirausahaan baik teori ataupun praktek di lapangan. Ujian mata kuliahnyapun kita buat dalam bentuk pameran,” pungkas Dekan FEB Unmer Malang tersebut. (A.Y)

Share.

About Author

Leave A Reply