Sutiaji : Bambang Irianto sudah menjadi aset bangsa Indonesia

0

Kota Malang – Penghargaan Piala Kalpataru kepada inisiator Kampung Glintung Go Green (Kampung 3G) akhirnya dilaksanakan di kota Bitung Sulawesi Utara hari ini, Kamis (30/08). Piala Kalpataru diberikan kepada Bambang Irianto atas apa yang telah dilaksanakan selama enam tahun membina dan menyelamatkan lingkungan dengan melakukan semua kegiatan yang akhirnya bisa melahirkan sebuah Kampung Konservasi Air yang lebih dikenal dengan Kampung Glintung Go Green (Kampung 3G).

Dalam prosesi pemberian Piala Kalpataru untuk Kategori Pembina Lingkungan tersebut tampak juga dihadiri Plt Walikota Malang, Sutiaji yang hadir di kota Bitung Sulawesi Utara.

“Prestasi dan penghargaan Kalpataru yang diterima pak Bambang Irianto ini seharusnya menjadi pemacu dan pemicu serta pembelajaran bagi masyarakat kota Malang yang lain, karena siapapun yang mau mencoba secara konsisten maka akan bisa dan berhasil,” ungkap Plt Walikota Malang, Sutiaji.

Menurut Sutiaji, filosofi keberhasilan dipengaruhi tiga faktor yaitu adanya ‘keyakinan’ bahwa yang dikerjakan memiliki nilai kemanusiaan atau nilai kebaikan,’Memiliki Cara’ dan ‘Harus ada kebersamaan’ dimana seluruh RT di RW 23 Purwantoro tersebut bisa sepakat maju bersama.

“Yang dilakukan pak Bambang Irianto ini bisa diconth siapapun. Apalagi Pak Bambang Irianto ini sudah bukan aset kota Malang semata, tetapi sudah menjadi aset bangsa Indonesia karena di berbagai event atau berbagai kota hingga negara lain termasuk perguruan tinggi menghendaki beliau. Ini yang menurut saya harus ditiru, termasuk RW di kota Malang harus meniru pak Bambang Irianto karena yang dilakukan ini adalah sesuatu yang memiliki nilai kebaikan dan mengesampingkan ego dengan membawa kebersamaan semua,” ungkap Sutiaji.

Kampung Glintung Go Green diakui Sutiaji telah dmasukkan menjadi salah satu destinasi wisata kota Malang, dimana saat ini Pemerintah Kota Malang sedang mengembangkan destinasi wisata budaya.


“Contoh saja Kampung 3G yang dulu tidak dikenal tetapi sekarang sudah dikenal dan banyak dilihat yang merupakan hasil kinerja RW 23 dan akan terus disupport oleh pemerintah. Kehadiran saya di sini merupakan salah satu bentuk support pemerintah kota Malang kepada Kampung Glintung Go Green,” pungkas Sutiaji.

Dalam mengapresiasi diraihnya Penghargaan dan Piala Kalpataru oleh Bambang Irianto ‘3G’ tersebut, rencananya pada tanggal 3 September akan dilaksanakan kirab Kalpataru dan penyambutan di Balaikota Malang. (A.Y)

Share.

About Author

Leave A Reply