Babinsa di ajari Budidaya Ikan Lele

0

Kota Malang – Dalam rangka menyiapkan dan meningkatkan kemampuan teritorial para Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang merupakan respresentasi TNI AD di tingkat kelurahan atau desa serta upaya mengajak warga lebih kreatif, maka para Babinsa dari Kodim jajaran Korem 083 Baladhika Jaya mengikuti sosialisasi budidaya ikan Lele yang dilaksanakan di Kompleks Perumahan Dinas Korem 083 Baladhika Jaya, Kamis (13/09).

“Komando Rayon Militer (Koramil) adalah satuan pelaksana pembinaan teritorial terkecil yang langsung bersentuhan dengan masyarakat yang merupakan satuan pelaksana Komando Distrik Militer (Kodim). Dimana Koramil ini diawaki oleh para Bavinsa yang merupakan representasi TNI AD di tingkat Kelurahan atau Desa,” ungkap Pasi Bakti TNI Korem 083 Baladhika Jaya, Mayor Arh Heru.

Mayor Arh Heru lebih lanjut menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesiapan dan kemampuan para Babinsa.

“Kegiatan ini diselengarakan agar para Babinsa nanti bisa menerapkan teori dan praktek yang telah di berikan ini di wilahyahnya masing-masing. Juga bisa sebagai saran Pembinaan Teritorial (Binter) di wilayah agar bisa mengajak masyarakat binaanbya untuk bisa lebih kreatif lagi dalam hal budidaya ikan lele,” ujar Mayor Arh Heru.

Dihadirkan dalam sosialisasi budidaya ikan Lele tersebut Kepala Seksi Pelatihan Teknis Perikanan Budidaya UPT Kepanjen, Nur Andriono yang mengajarkan tentang cara memasukkan ikan Lele ke dalam air, sterilisasi air kolam menjadi steril dan cara-cara budidaya ikan Lele.

“Setelah Tiga hari tambahkan volume air ke dalam kolam dan sesuaikan dengan jumlah maupun ukuran bibit ikan lele yang akan ditebar, kemudian tuangkan pupuk organik dalam air kolam sehingga air berubah warnanya menjadi bening kehijauan. Setelah warna air berubah maka bibit ikan Lele sudah siap untuk ditebar,” jelas Nur Andriono kepada para Babinsa. (A.Y)

Share.

About Author

Leave A Reply