Angkringan Cak Tomo, kuliner kota Malang rasa Jogjakarta

0

Kota Malang – Jogjakarta merupakan salah satu kota legendaris yang terkenal dalam hal pariwisata, seni budaya dan kulinernya. Tak heran banyak warga dari luar kota memilih Jogjakarta sebagai destinasi wisata saat liburan tiba. Salah satu kuliner yang terkenal di Jogjakarta selain Gudeg dan Bakpia adalah kuliner Angkringan khas Jogja yang menyajikan menu kuliner pinggir jalan dengan berbagai sajian yang enak dengan harga relatif terjangkau.

Meskipun Angkringan merupakan ciri khas dari kota Jogja, namun saat ini kota Malang juga sudah memiliki Angkringan yang identik dengan Angkringan yang ada di Jogjakarta yakni Angkringan Cak Tomo yang berada di jalan MT. Haryono nomor 11-G kota Malang ini buka mulai pukul 16.00 hingga 24.00 WIB.

Chamdan Iful Sungkono selaku pemilik dari Angkringan Cak Tomo menjelaskan bahwa angkringan yang didirikannya pada tahun 2017 lalu merupakan bisnis yang berawal dari hobinya memasak yang didukung kegemarannya menyantap menu masakan khas Jawa Tengah khususnya kota Jogjakarta, sehingga pria yang akrab disapa Ipul ini terinspirasi untuk membuat bisnis kuliner Angkringan Cak Tomo.

Selain mengusung kuliner khas Jogjakarta, menu makanan daru Angkringan Cak Tomo ini diakui memiliki keunikan yakni menu makanan tradisional tersebut dipadukan dengan bumbu Jawa Timur, sehingga masyarakat Malang Raya atau Jawa Timur yang tidak terlalu suka dengan masakan manis masih bisa memilih menu yang lebih gurih sesuai selera warga Jawa Timur pada umumnya.

“Tentunya kalau bicara tentang menu Angkringan, tidak jauh dari menu baceman seperti tempe dan tahu bacem. Ada juga menu sate kerang, puyuh sampai tempura dengan cita rasa khas Jogja yang manis. Namun jangan khawatir bagi anda yang tidak terlalu suka menu masakan manis, karena disini kita juga punya menu sambal bawang yang lebih khas ke Jawa Timur. Ayam Geprek pun juga ada,” ujar Ipul saat ditemui di Angkringan Cak Tomo.

Usaha yang dirintisnya sendiri sejak tahun 2017 tersebut memiliki menu unggulan yaitu Tempe Tahu Bacem, Wedang Uwuh, Jahe Nusantara dan Kopi Joss. Yang membedakan beberapa menu unggulan ini dengan menu di Angkringan lainnya adalah dari segi bumbu dan juga rempahnya yang membuat banyak pengunjung memesan menu tersebut karena memiliki cita rasa yang khas dan sama persis dengan Angkringan yang ada di Jogjakarta.

“Kebanyakan yang dipesan disini itu adalah Tahu Tempe Bacem, menu itu saya buat persis seperti menu Tahu Tempe Bacem yang ada di Angkringan Jogja. Sementara Wedang Uwuh, Jahe Nusantara ini merupakan minuman tradisional yang kaya akan rempah bahkan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sehingga minuman ini juga banyak yang mencari. Ada lagi minuman kopi joss, ini minuman yang terkenal sekali di Jogja karena keunikannya yaitu kopi yang dicampurkan dengan arang panas, jadi yang cari menu kopi joss di Malang bisa langsung kesini tanpa perlu jauh jauh ke Jogja,” ungkapnya.

Menu Angkringan Cak Tomo yang sangat khas Jogjakarta ini bisa dinikmati dengan harganya masih sangat terjangkau dan sesuai untuk kantong mahasiswa, mulai dari harga Rp.10.000 hingga Rp.12.000 saja. Sementara untuk minuman di banderol dengan harga Rp.5000 hingga Rp.7000.

Kedepannya, Angkringan Cak Tomo ini juga akan memberikan fasilitas tempat untuk beberapa komunitas yang ada di Malang. Serta memberikan Diskon sebesar 20% dan Es Teh gratis bagi komunitas yang menggunakan tempat Angkringan Cak Tomo untuk rapat dan lain lain.

“Jadi selama bulan Oktober ini, kami punya promo Diskon 20% ditambah gratis Es Teh untuk teman-teman komunitas atau organisasi yang ingin menggunakan Angkringan Cak Tomo untuk Rapat atau kegiatan komunitas. Kebetulan kami buka setiap hari dan kapasitas ruangan sampai 15 orang, jadi kalau ada kegiatan bisa langsung reservasi tanpa perlu minimal order,” pungkas Ipul. (Riz/Fit)

Share.

About Author

Leave A Reply