Peringati Hari Santri, UB gelar Fun Walk ‘Sarungan’

0

Kota Malang – Dalam rangka memperingati Hari Santri yang akan dirayakan setiap tanggal 22 Oktober 2018, Universitas Brawijaya (UB) menggelar Fun Walk Sarungan’ yang diikuti mahasiswa, santri dan civitas akademika UB mulai pagi hari ini, Minggu (21/10).

Sebelum memberangkatkan rombongan peserta, Rektor Universitas Brawijaya, Nuhfil Hanani berharap bahwa dengan peringatan Hari Santri tersebut maka akan bisa mengingatkan generasi saat ini khususnya para santri-santri terhadap perjuangan santri-santri hebat di era-era sebelumnya.

“Saya berharap mereka tidak lupa akan bagaimana perjuangan santri-santri yang terdahulu. Dari santri kemudian akhirnya bisa menjadi kyai, ulama yang memiliki peran besar bagi perkembangan negara Indonesia ini,” ujar Rektor UB, Muhfil Hanani.

Sementara itu, Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH. Marzuki Mustamar menyampaikan Hari Santri seharusnya bisa menjadi momen bagi umat Islam Indonesia untuk mensinergikan antara keIndonesiaan dan keIslamannya.

“Santri itu profil, sehingga mereka harus mampu menjadikan umat Islam Indonesia yang Islam 100% dan juga Indonesia yang 100%. Dengan adanya sinergitas tersebut, keIslaman yang ada tidak merugikan bangsa dan rasa kebangsaanpun tidak merugikan keIslaman. Bagaimana umat Islam Indonesia ini bisa menjadi kaum muslim yang kaffah,” ujar KH. Marzuki Mustamar

Ditemui usai pemberangkatan santri yang mengikuti Fun Walk ‘Sarungan’, Walikota Malang Sutiaji yang juga hadir menyampaikan bahwa tantangan santri saat ini juga cukup berat namun tetap harus dilaksanakan.

“Jika dulu santri ikut berjuang dengan melawan musuh kaum penjajag yang jelas-jelas secara fisik terlihat, tetapi tantangan santri saat ini lebih sulit karena menghadapi sesuatu yang tidak terlihat seperti idiologi yang tidak Indonesia ataupun bertentang dengan nilai-nilai keIslaman,” ungkap Sutiaji.

Usai mengikuti Fun Walk ‘Sarungan’, ratusan santri, mahasiswa dan civitas akademika UB mengikuti berbagai acara hiburan seperti penampilan pencak silat, hadrah dan menikmati pameran dari pondok pesantren di setiap stand yang ada di Lapangan Rektorat UB tersebut. (A.Y)

Share.

About Author

Leave A Reply