Tiga mahasiswa UB ciptakan aplikasi bagi disabilitas mendapatkan pekerjaan

0

Kota Malang – Menyadari sulitnya kondisi penyandang disabilitas mendapatkan pekerjaan meskipun telah diatur di dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku, menggerakkan tiga mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (Filkom UB) menciptakan aplikasi sebagai solusi.

Aplikasi yang diberi nama D’Loker ini merupakan aplikasi lowongan kerja bagi penyandang disabilitas dan perusahaan yang akan mempekerjakan para penyandang disabilitas sehingga dibuat dalam dua versi aplikasi.

“Jadi ada dua versi untuk aplikasi D’Loker ini yang pertama untuk penyandang disabilitas yang membutuhkan pekerjaan, sementara versi kedua adalah bagi perusahaan yang akan mempekerjakan penyandang disabilitas,” ujar salah satu pembuat D’Loker, Renaldy Sabdo Jati Purboningrat.

Sementara anggota pembuat D’Loker yang lain yakni Alexander Krisna Giri Wicaksono mengungkapkan bahwa pada aplikasi untuk pelamar pekerjaan, penyandang disabilitas akan melakukan registrasi dengan mengisikan data diri, melengkapi profil dan mengunggah foto diri dan pelamar dapat secara aktif mencari lowongan pekerjaan yang tersedia pada aplikasi D’Loker.

“Selain itu, pada D’Loker juga ditanamkan beberapa fitur yang akan mempermudah pelamar untuk mendapatkan pekerjaan. Dimana fitur-fitur tersebut antara lain fitur pengiriman Curicullum.Vitae (CV), history dan bookmark lowongan pekerjaan,” ujar Alexander Krisna Giri Wicaksono.

Sementara itu, mahasiswa Teknik Informatika angkatan 2016 yang juga anggota tim pembuat D’Loker yakni Imam Farouqi Faisal menjelaskan bahwa dengan aplikasi D’Loker tersebut maka akan mempermudah penyebaran informasi, serta dapat menghemat waktu dan biaya bagi perusahaan atau instansi yang menggunakannya.

Berkat ciptaan ketiga mahasiswa Filkom UB di bawah binaan dosen Filkom UB Hanifah Muslimah Az-Zahra tersebut, ketiganya berhasil meraih juara III untuk kategori Apps Today dalam kompetisi IT Today 2018 di Bogor September 2018 lalu. (A.Y)

Share.

About Author

Leave A Reply