Adadimalang.com

The Art of News

banner 728x90

Himpunan Mahasiswa Akuntansi gelar Seminar Nasional tentang Peran Akuntan

Himpunan Mahasiswa Akuntansi gelar Seminar Nasional tentang Peran Akuntan

Kota Malang – Perkembangan teknologi yang begitu pesat saat ini, diharapkan bisa diikuti oleh semua kalangan di berbagai profesi. Apalagi kemajuan teknologi yang sudah memasuki Revolusi Industri 4.0 saat ini sudah memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan manusia. Terkait dengan hal tersebut, profesi akuntan juga diharapkan bisa mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini. Dala rangka memberikan pemahaman tersebut serta mengupgrade wawasan agar memiliki kemampuan yang komplit, Himpunan Mahasiswa Akuntansi Politeknik Negeri Malang (Polinema)  bekerjasama dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Komisariat Malang Raya menggelar Seminar Nasional dengan tema ‘Peran Akuntan Dalam Penerapan Good Public Governance’ di Polinema, Sabtu (17/11).

Selain menghadirkan Ketua IAI Komisariat Malang Raya Puji Handayati sebagai salah satu pemateri, ekonom Indonesia Faisal Basri juga hadir untuk memberikan materi yang diharapkan bisa memperkaya wawasan para mahasiswa yang merupakan calon akuntan di waktu yang akan datang.

“Kegiatan Seminar Nasional ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan keilmuan para calon akuntan apalagi pasca terjadi penangkapan beberapa pejabat di Malang Raya oleh KPK. Ini menjadi pelajaran bagaimana cara mengatur dan menjalankan instansi pemerintah,” ujar Puji Handayati.

Puji Handayati juga mengingatkan dengan Revolusi Industri 4.0 itu menyebabkan proses digitalisasi terjadi hampir di semua bidang sehingga para calon akuntan diharapkan memiliki value yang lebih dari sekedar akuntan yang ke depannya harus bersaing dengan software dan mesin pencatat keuangan.

Sementara itu, ekonom senior Indonesia Faisal Batubara atau yang lebih dikenal dengan Faisal Basri juga memberikan gambaran bagaimana Good Public Governance bisa tercipta dengan semua tantangan dan kendala yang ada.

“Politik juga berpengaruh dalam terciptanya Good Governance, sehingga para akuntan juga tidak bisa semata-mata hanya mencatat tetapi juga harus paham bagaimana kondisi yang ada termasuk kondisi politik,” ungkap Faisal Basri.

Meskipun acara Seminar tersebut dihadiri oleh mayoritas mahasiswa, namun panitia pelaksana menghadirkan keynote speaker yang tidak main-main yakni Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak yang saat ini menjadi Wakil Gubernur Jawa Timur Terpilih.

“Dengan teknologi yang ada, maka para akuntan harus benar-benar memiliki kemampuan yang lebih dari seedar akuntan semata yang cenderung hanya menghafalkan rumus atau peraturan semata. Harus memiliki kemampuan yang lebih komplit karena tantangan ke depan akan jauh lebih berat. Yang akan menjadi kompetitornya adalah mesin atau software yang dengan teknologi AI saat ini hampir bisa menyamai kemampuan manusia tanpa ada permasalahan yang terkait dengan perasaan atau hati,” ujar Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak.

Menurut Emil Dardak, akuntan diharapkan bisa lebih fleksibel dalam menghadapi atau menyiasati tantangan ke depan sehingga tetap bisa survive dalam persaingan yang semakin berat.

“Bukan prinsipnya yang fleksibel tetapi cara berkomunikasi dan lebih peka terhadap kondisi, misalkan saja akuntan harus bisa berkomunikasi yang baik dengan para auditor sehingga bisa menjelaskan apa alasan pendekatan atau penilaian terhadap sesuatu itu diambil,” ujar Emil E. Dardak.

Emil mencontohkan bahwa dengan ilmu akuntansi yang dimilikinya, mampu membuat kabupaten Trenggalek bisa mendapatkan Penilaian Wajar Tanpa  Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) disaat dirinya menjabat.

“Itu kan peran dari akuntan yang kemudian bisa menciptakan Good Governance dengan fungsi yang dimilikinya,” pungkas Emil E. Dardak.

Senada dengan para pemateri dan keynote speaker, Pembantu Direktur IV Polinema, Luchis Rubianto juga berharap dengan adanya Seminar Nasional yang mendatangkan tokoh dan ekonom nasional tersebut bisa memperkaya wawasan para mahasiswa yang kelak akan berprofesi sebagai akuntan tersebut.

“Harapan ke depannya akan terus ada kegiatan untuk memperkaya wawasan dan upgrading skill para mahasiswa sehingga akan mampu bersaing setelah mereka terjun bekerja sebagai akuntan yang sebenarnya,” pungkas Luchis Rubianto. (A.Y)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan