Pengadilan Agama Kota Malang Launching E-Court bersama Peradi RBA Malang

0

Kota Malang – Dalam menindaklanjuti Peraturan Mahmakah Agung nomor 3 tahun 2018 tentang pelaksanaan administrasi perkara secara elektronik (E-Court) di lingkungan pengadilan, Pengadilan Agama (PA) kota Malang menggear acara Soft Launching dan Bimbingan Teknik (Bimtek) E-Court malam hari ini, Selasa (27/11).

Acara soft launching dan bimtek E-Court yang digelar di Hotel Pelangi kota Malang ini selain dihadiri oleh pegawai Pengadilan Agama kota Malang, juga dihadiri seluruh anggota DPC Peradi RBA Malang mengingat salah satu pengguna E-Court tersebut adalah para Advokat.

“Dengan adanya E-Court ini maka harapannya bisa mewujudkan proses suatu perkara yang sederhana, cepat dan biaya ringan sesuai amanah pasal 2 ayat (4) undang-undang nomor 48 tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman,” ujar Ketua Pengadilan Kota Malang, Saiful Karim.

Menurut Saiful Karim, dengan adanya E-Court tersebut maka para advokat tidak perlu lagi menunggu hanya untuk mendaftarkan dan menyerahkan berkas karena semuanya akan dilaksanakan secara elektronik.

“Nantinya semuanya serba elektronik, berkas diserahkan secara elektronik bahkan sampai kesimpulanpun juga akan dikirimkan secara elektronik sehingga para pihak cukup hadir pada saat tahapan Pembuktian saja,” ujar Saiful Karim.

Sementara itu, Ketua DPC Peradi RBA Malang, Yayan Riyanto sangat mengapresiasi terhadap soft launching E-Court yang dilaksanakan oleh Pengadilan Agama kota Malang.

“Yang jelas dengan E-Court ini akan sangat memudahkan para advokat dalam menjalankan tugasnya di pengadilan. Tidak perlu lagi menunggu-nunggu para pihak untuk datang sehingga membuang-buang waktu yang sebenarnya bisa untuk menangani hal yang lain,” ujar Yayan Riyanto.

Terkait dengan kesiapan para advokat dalam menjalan E-Court di Pengadilan, Yayan Riyanto menegaskan para anggota DPC Peradi RBA Malang telah siap dan wajib untuk menggunakan E-Court yang dilaunching dan diterapkan mulai besok (28/11) di Pengadlan Agama kota Malang.

“Karena baru dilaunching malam hari ini, maka para advokat DPC Peradi RBA Malang baru bisa mendaftar dan mengakses E-Court itu besok pagi. Namun yang jelas, semua anggota kami telah siap untuk menggunakan E-Court ini,” pungkas Yayan Riyanto. (A.Y)

Share.

About Author

Leave A Reply