Adadimalang.com

The Art of News

banner 728x90

Gus Ali : BPJS Belum Merata Di Kabupaten Malang

Gus Ali : BPJS Belum Merata Di Kabupaten Malang

Administrasi kependudukan menjadi salah satu faktor penghambatnya.

Kabupaten Malang – Permasalahan administrasi kependudukan menjadi salah satu faktor yang menyebabkan masyarakat kabupaten Malang masih banyak yang belum memiliki kartu BPJS Kesehatan.

Demikian disampaikan Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kabupaten Malang yang menyatakan dirinya sempat mengalami kejadian yang miris terkait BPJS.

“Ada salah satu warga di kabupaten Malang yang sakit dan ternyata tidak memiliki kartu BPJS Kesehatan,” ungkap Gus Ali Ahmad, Selasa (12/02) malam.

Saat dibantu Gus Ali untuk pengurusan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) ternyata warga yang sakit tersebut tidak memiliki KTP.

“Akhirnya saya berniat membantu membawanya ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan, tapi orang tersebut justru meninggal dunia sebelum sempat dibawa ke rumah sakit,” ungkap Gus Ali Ahmad

Dari salah satu contoh yang dialaminya tersebut, Gus Ali juga menemukan hal serupa terkait dengan belum dimilikinya kartu BPJS oleh warga masyarakat.

“Masalah administrasi kependudukan seperti tidak dimilikinya EKTP menjadi penghambat warga memiliki BPJS sehingga tidak bisa mendapatkan layanan kesehatan,” ungkap pria yang sempat mengenyam pendidikan di beberapa pondok pesantren ini.

Data dari BPJS Malang pada bulan Juni 2018 lalu, diketahui sebanyak 52 persen dari kurang lebih 4 juta warga Malang Raya belum tercover BPJS kesehatan. Satu juta diantaranya berasal dari Kabupaten Malang. 

Gus Ali menyatakan tahun 2018 lalu pemerintah kabupaten Malang telah mengucurkan anggaran lebih dari Rp.50 milyar untuk tambahan bagi dana kepesertaan BPJS Kesehatan.

“Tapi itu juga masih belum cukup. Karena kesehatan itu menjadi salah satu kunci utama agar perekonomian dan kesejahteraan masyarakat bisa meningkat,” pungkas Gus Ali Ahmad yang mengaku sudah mendatangi 33 kecamatan yang ada di wilayah kabupaten Malang ini. (A.Y)

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan