PSSI Cabut Hukuman Yuli Sumpil dan Fandy

Sudarmaji : kita masih menunggu surat resmi dari PSSI.

Arema Day – Meski pihak manajemen Arema FC menyatakan pihaknya masih menunggu surat resmi dari Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), namun Aremania dan Aremanita sudah mulai sedikit bernafas lega. Pasalnya Dirigen kebanggaan mereka yakni Yuli Sumpil (Jules) serta rekannya Fandy terbebas dari hukuman yang diterimanya. Keduanya dihukum oleh PSSI untuk tidak menyaksikan pertandingan liga 1 di stadion saat Arema FC bertanding.

Keputusan PSSI tersebut berdasarkan SK PSSI hasil dari review implementasi keputusan komdis tahun 2018 yang merupakan hasil dari tindak lanjut amanah kongres PSSI 20 Januri 2019 di Bali lalu tentang kewenangan yang diberikan kepada EXCO untuk melakukan review  terhadap keputusan Badan Yudisial.

PSSI memutuskan untuk mengembalikan sebagian nilai denda kpd klub sebagai dukungan finansial dalam program edukasi supporter (fans management) yang harus dilakukan di klub yang akan melibatkan semua klub peserta Kompetisi Liga 1 tahun 2018.

Tak hanya itu,keputusan lain terkait implementasi keputusan komdis, yang tidak dapat dijalankan karena kondisi terkini infrastruktur kompetisi. Jenis keputusan komdis yang dinilai tidak bisa dijalankan adalah larangan kepada (individu) untuk memasuki stadion dan larangan bagi penonton masuk menonton pertandingan di dalam stadion tanpa menggunakan atribut, termasuk nyanyian, koreo dan semua hal yang terafiliasi dengan klub.

Dari dua hal tersebut, PSSI menilai dalam implementasiya tidak hanya mengalami kendala, akan tetapi justru berpotensi menimbulkan masalah baru dalam bentuk pelanggaran disiplin.

Berdasarkan hal tersebut, maka hukuman dalam bentuk pelarangan  Yuli Sumpil dan Fandi memasuki stadion dan supporter Persib Bandung dilarang masuk stadion tanpa atibut dinilai tidak dapat dilaksanakan.

“Keputusan ini, diambil setelah dilakukan telaah panjang dan hati hati. Dengan tujuan perbaikan kualitas penyelenggaraan pertandingan, dibarengi upaya edukasi supporter oleh Klub,” jelas Sekjen PSSI, Ratu Tisha.

PSSI akan terus melanjutkan kajian, evalusi terhadap semua keputusan komdis lainnya termasuk yang berhubungan dengan Kompetisi Liga 2.

Sementara itu, manajemen Arema FC mengatakan masih akan menunggu surat resmi dari PSSI, dan kemudian akan disampaikan langsung kepada dua pentolan Aremania tersebut.

“Kita menunggu surat resminya. Dan akan kami sampaikan kepada yang bersangkutan,” ujar media officer Arema FC, Sudarmaji. (Jaz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini