Adadimalang.com

The Art of News

banner 728x90

Kementerian Koperasi Kumpulkan Pengusaha Sampah Di Kota Malang

Kementerian Koperasi Kumpulkan Pengusaha Sampah Di Kota Malang

Masih banyak peluang dan potensi yang belum tergarap secara nasional.

ADADIMALANG – Dalam rangka melakukan pembinaan agar mampu mengoptimalkan profesinya yang bergerak di bidang sampah, Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia mengumpulkan para pengusaha sampah Jawa Timur di kota Malang pagi tadi, Kamis (18/07).

Sebanyak 40 orang pengusaha sampah dikumpulkan di Hotel Sahid Montana I di jalan Kahuripan kota Malang dalam acara Temu Usaha Pengelolaan Industri Sampah dalam rangka pengembangan usaha.

Kegiatan temu usaha tersebut dilaksanakan bersama dengan Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia (APSI) yang diharapkan juga bisa sharing tentang potensi-potensi apa saja yang masih bisa digarap oleh para pengusaha sampah di Indonesia.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia (APSI), Saut Marpaung menjelaskan bahwa dengan adanya pendampingan dari Kementerian Koperasi dan UKM tersebut diharapkan akan mampu meningkatkan kinerja dan daya saing para pengusaha sampah.

“Kita harapkan nanti akan ada peningkatan baik itu peningkatan wawasan atau pengetahuan, kemampuan (skill) dan juga perekonomian para pengusaha sampah,” ungkap Saut di sela-sela acara temu usaha.

Ketua Umum APSI, Saut Marpaung

Menurut Saut, potensi yang ada masih cukup besar dimana sampah yang diambil oleh para pengusaha sampah ini masih sedikit jika dibandingkan dengan produksi sampah yang ada setiap harinya.

“Yang ikut acara temu usaha ini adalah para pengusaha sampah yang sudah memiliki legalitas atau badan hukum dan memiliki omset minimal 300 juta setiap tahunnya,” ujar Saut Marpaung.

Diakui Saut bahwa saat ini masih banyak pengusaha sampah yang bergerak di bidang-bidang tertentu saja misalkan pemungutan, pemilahan hingga pencacahan.

“Dengan adanya pendampingan dari Kemenkop UKM ini akan ada peningkatan perekonomian dengan adanya pinjaman lunak dan pendampingan para pengusaha sehingga akan naik kelas,” ungkap Saut.

Peluang mengikuti pameran di berbagai daerah hingga luar negeri serta memanfaatkam peluang ekspor sampah menurut Saut layak untuk dijajagi para pengusaha sampah Indonesia dengan dukungan dari Kementerian Koperasi dan UKM.

“Ada juga pabrik-pabrik besar yang kami harapkan bisa menjadi bapak asuh para pengusaha sehingga bisa semakin besar usahanya,” pungkas Saut. (A.Y)

Tags: , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan