Adadimalang.com

The Art of News

banner 728x90

Alumni Ponpes Annur Malang Gowes Lintasi 14 Negara

Alumni Ponpes Annur Malang Gowes Lintasi 14 Negara

Ingin kampanyekan Islam Damai ke penjuru Afrika.

ADADIMALANG – Dengan tujuan ingin mengkampanyekan tentang Islam Indonesia adalah Islam yang damai dan tidak seperti yang banyak dihembuskan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, seorang alumni Pondok Pesantren Annur kabupaten Malang yakni Hakam Mabruri melaksanakan Holy Journey melintasi 14 negara di Afrika dengan mengayuh sepeda sendirian.

Perjalanan panjang mengayuh sepeda bukan hal yang asing bagi Hakam Mabruri yang tahun-tahun sebelumnya sudah melakukan hal yang sama seperti pada tahun 2016-2018 melaksanakan perjalanan dari Malang menuju Mekkah dengan naik sepeda bersama istrinya selama 14 bulan.

Sebagai seseorang yang pernah menempuh pendidikan sebagai santri di Pondok Pesantren Annur, Hakam sadar betul bahwa restu dan doa dari orang tuanya serta para guru-gurunya akan membantunya menyelesaikan perjalanan yang dilakukannya kali ini. Oleh karenanya, Hakam memulai perjalanannya di Pondok Pesantren Wisata Annur 2 Bululawang, kabupaten Malang pagi ini, Selasa (10/09).

Dalam perjalanan mengayuh sepeda sendirian ini, Hakam Mabruri akan menempuh rute 14 negara antara lain Mesir – Sudan – Etiopia – Kemya – Uganda – Rwanda – Tanzania – Mozambiq – Malawi – Zambia – Zimbabwe – Botswania – Nambia – Afrika Selatan.

Hakam Mabruri mengikuti beberapa prosesi di Ponpes Annur 2 Bululawang sebelum pemberangkatan seperti doa bersama, pemberian santunan anak yatim dan beberapa sambutan dari para pengasuh Ponpes Annur 2 Bululawang.

“Kita percaya bahwa dengan keyakinan yang kuat maka seseorang bisa mencapai apa yang diinginkan. Salah satunya sudah pernah diwujudkan alumni Ponpes Annur ini Hakam Mabruri,” ungkap Pengasuh Ponpes Annur 2 Bululawang, KH Fatchul Bahri dalam sambutannya.

KH Fatchul Bahri mengapresiasi keberangkatan Hakam Mabruri yang dimulai tepat di peringatan hari Yatim (Asyuro 10 Muharram) hari ini dan berharap perjalanan Hakam Mabruri akan bisa berjalan lancar.

“Entah kenapa orangtua Hakam dulu memberikan nama Hakam Mabruri yang memiliki arti Kuat dan Berhaji yang bisa ditangkap saat ini ternyata Hakam bisa kuat berangkat ke Mekkah dengan gowes naik sepeda,” ungkap Pengasuh Ponpes Annur 2 kabupaten Malang ini.

Saat ditanya tentang alasan memilih Afrika sebagai tujuan perjalanannya, Hakam menyatakan Afrika sangatlah eksotik dengan semua yang dimilikinya selain dirinya belum pernah ke negara tersebut.

Sebelum memberangkatkan, salah satu sponsor perjalanan Hakam Mabruri yakni Heri Cahyono dari Malang Jejeg mengaku sangat antusias menjadi donatur Holy Journey melintasi 14 negara di Afrika tersebut setelah tahu apa yang menjadi salah satu motivasi Hakam gowes ke Afrika.

Hakam ingin mengkampanyekan tentang Islam Indonesia yang damai, setelah pemilihan presiden sebelum-sebelumnya yang membuat image Islam di Indonesia itu tidak seperti yang sebenarnya. Dan Malang Jejeg akan mendukung upaya kampanye Islam Damai yang akan disampaikan Hakam tersebut,” ungkap Heri Cahyono.

Hakam Mabruri diantar oleh ratusan santri Pondok Pesantren Annur 2 Bululawang sejak doa bersama di Aula Yakowi hingga ke gerbang biru Ponpes Annur yang mengirinya dengan lantunan sholawat nabi.

“Tetap kuat dan sekuat mungkin bertahan ya,” ujar Heri Cahyono sebelum memberangkatkan Hakam Mabruri yang kali ini meninggalkan istri dan anaknya yang baru berusia 12 bulan ini di Indonesia. (A.Y)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan