Adadimalang.com

The Art of News

banner 728x90

Babinsa Koramil Sukun Bantu Mengolah Lahan Pertanian

Babinsa Koramil Sukun Bantu Mengolah Lahan Pertanian

ADADIMALANG – Dengan tujuan untuk mengurangi potensi gangguan terhadap pertumbuhan tanaman yang dapat mengurangi biaya untuk pengendalian gulma selama periode budidaya tanaman, Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil Sukun membantu petani untuk melakukan pengolahan lahan.

Babinsa Kelurahan Kebonsari Serma Romadi membantu mengerjakan pengolahan lahan milik Dianawati yang tergabung dalam Kelompok Tani Anggrek Merah dengan lahan seluas 0,5 hektare di jalan Satsuit Tubun I Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sukun, Kota Malang hari ini, Sabtu (25/01/2020).

“Persiapan lahan merupakan salah satu faktor terpenting yang perlu dilakukan dalam memulai usaha budi daya padi. Persiapan lahan yang baik, berpengaruh besar terhadap produktivitas tanaman,” ungkap Serma Romadi.

Menurut Serma Romadi, banyak penelitian menunjukkan bahwa dengan melakukan persiapan lahan sebelum melakukan usaha budi daya bisa meningkatkan hasil panen hingga 30 persen.

“Selain memperbaiki tanah, pembersihan juga bertujuan memperlancar arus air dan menekan jumlah biji gulma yang terbawa masuk ke petak sawah. Pengolahan tanah merupakan cara untuk memperbaiki kondisi fisik, kimia maupun biologi tanah,” jelas Serma Romadi.

Dengan pengolahan tanah yang baik dan benar akan membuat proses penanaman menjadi lebih mudah dan baik sekali untuk benih yang akan ditanam.

“Banyak manfaat pengolahan lahan, diantaranya memperbanyak atau memperbesar total volume rongga atau pori tanah. Dengan demikian maka aerasi tanah dan drainase lahan semakin baik, sehingga pasokan oksigen untuk metabolisme akar menjadi lebih lancar,” jelas Babinsa kelurahan Kebonsari ini.

Sementara itu Dianawati selaku pemilik lahan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Babinsa Kebonsari dari Koramil Sukun yang telah membantu pengolahan lahan sehingga penyiapan lahan untuk penanaman padi dapat segera selesai sesuai dengan harapan. (A.Y)

Tags: , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan