Adadimalang.com

The Art of News

banner 728x90

Dosen Polinema Lolos Terbitkan Buku Standar Internasional

Dosen Polinema Lolos Terbitkan Buku Standar Internasional

Bukukan hasil penelitian selama setahun tentang Nano fluidics.

ADADIMALANG – Berawal dari penelitian yang dilakukannya tentang Nano Fluidics, Sudarmadji yang sehari-hari mengajar di Teknik Mesin Prodi Otomotif Elektronik Politeknik Negeri Malang (Polinema) berhasil menerbitkan buku dengan standar internasional.

Menurut Sudarmadji, penelitian yang dilakukannya memang memiliki target akhir mengingat semua penelitiannya itu dibiayai oleh negara.

“Ada yang ditarget menerbitkan jurnal atau buku ajar, saya berfikir masak tidak bisa menerbitkan buku internasional,” ungkap Sudarmadji.

Hasil penelitian yang dilaksanakan selama satu tahun tersebut masuk menjadi satu bab dari 12 bab yang membahas Nano Fluidics yang diterbitkan oleh penerbit IntechOpen di Inggris.

“Sebenarnya kendalanya tidak ada, hanya saja kita harus sering berkomunikasi dan juga melakukan semacam bimbingan sebelum naskah benar-benar disetujui untuk diterbitkan,” ungkap Sudarmadji.

Sudarmadji mengakui kemampuan bahasa inggris mutlak diperlukan jika memang ada dosen-dosen Polinema yang lain ingin ikut menerbitkan buku berstandar internasional.

Sementara itu, Ketua Polinema Press Abdul Muqit menyampaikan apresiasi atas prestasi Sudarmadji yang telah berhasil menerbitkan buku dengan standar internasional.

“Nyatanya kan bisa, berarti dosen yang lain juga bisa. Semoga prestasi pak Sudarmadji ini bisa menjadi motivasi bagi dosen-dosen Polinema yang lain agar bisa menerbitkan buku dengan standar internasional,” ungkap Abdul Muqit.

Sebagai wujud apresiasi Polinema Press terhadap prestasi Sudarmadji, Abdul Muqit akan mengusulkan kepada pimpinan Polinema agar Sudarmadji mendapatkan reward berupa pemberian insentif.

“Prestasi ini adalah karya pribadi dan Polinema Press akan mengupayakan agar karya pak Sudarmadji ini juga bisa tercatat sebagai karya internasional melalui jaringan penerbitan internasional yang dimiliki Polinema Press.

Menurut Abdul Muqit, keberhasilan Sudarmadji menerbitkan buku dengan standar internasional ini sejalan dengan visi dai Polinema Press yang ingin menjadi penerbitan berstandar internasional dengan banyak menghasilkan buku-buku dengan standar internasional pula.

Sebelum.mengakhiri wawancara, Sudarmadji menyampaikan jika Indonesia sudah ketinggalan jauh dalam hal penggunaan teknologi yang menggunakan Nano partikel.

“Negara lain sudah mengembangkan teknologi Nano tapi kita justru baru mengenalnya. Padahal banyak keuntungan dengan menggunakan Nano partikel ini seperti efisiensi biaya, waktu, tenaga dan banyak lainnya,” pungkas Sudarmadji yang berharap teknologi Nano akan lebih banyak ditetapkan di Indonesia. (A.Y)

Tags: , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan