Adadimalang.com

The Art of News

banner 728x90

Demokrasi Warga Tlogomas Di Tengah Serbuan Covid-19

Demokrasi Warga Tlogomas Di Tengah Serbuan Covid-19

Warga Perumahan Permata siasati penyebaran Covid-19 dengan menggelar pemilihan Ketua RT secara bergelombang.

ADADIMALANG – Serbuan Corona Virus Desease (Covid-19) di Indonesia sufah cukup menyentak berbagai kalangan hingga pemerintah menerapkan kebijakan social distance dan isolasi mandiri bagi masyarakat untuk mengantisipasi penyebarannya.

Namun di tengah segala upaya untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut, permasalahan administrasi dan demokrasi nampaknya fipandang sebagai suatu hal yang urgen sehingga tak dapat ditunda selain faktor sudah direncanakan jauh-jauh hari.

Berbekal dengan kebutuhan akan berjalannya roda kepemimpinan di tingkat paling dasar di masyarakat ini dengan menyesuaikan kondisi yang ada terkait Covid-19 ini, warga RT 4 RW 8 kelurahan Tlogomas, kecamatan Lowokwaru menggelar pemilihan Ketua RT yang baru pagi hari tadi, Minggu (22/03/2020).

Ketua Panitia Pemilihan Ketua RT 4, Rachmad Safa’at menjelaskan pelaksanaan pemilihan ketua RT disesuaikan dengan kondisi antisipasi penyebaran Covid-19 saat ini.

“Seluruh panitia menggunakan masker dan memberikan jarak antar panitia dan oemilih, termasuk jarak antar kursi di tempat tunggu sebelum melakukan pencontrengan dengan menggunakan spidol sekali pakai,” ungkap mantan Dekan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FHUB) ini.

Selain mengupayakan antisipasi penyebaran Covid-19 seperti penyediaan tisu basah dan hans sanitizer, panitia pemilihan juga memberikan hak memilih kepada warga Perumahan Permata tersebut dengan cara bergelombang.

“Kami berikan edaran dimana masing-masing pemilih akan mendapat giliran sesuai waktu yang telah ditetapkan sehingga tidak terjadi penumpukan orang yang bisa menjadi potensi penyebaran Covid-19,” ungkap Rachmad Safa’at.

Pemilihan Ketua RT 4 di wilayah RW 8 kelurahan Tlogomas ini diikuti oleh 116 Pemilih Tetap dari Warga Perumahan Permata Tlogomas yang dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB

“Ada 3 kandidat Ketua RT 04 yang bisa dipilih yakni Sigit Purwanto, Sonny Oktavianto, Hadi Rusmana,” ungkap pria ramah ini.

Selain melakukan berbagai antisipasi dalam hal kesehatan, panitia pemilihan juga melakukan model mendatangi lokasi tempat tinggal warga pemilik hak suara yang sudah tua ataupun sedang sakit sehingga berhalangan datang ke TPS dengan tujuan mempermudah pemberian hak suara warga.

Upaya jemput bola dengan mendatangi rumah warga yang sakit atau sudah lanjut usia

“Ini merupakan pemilihan Ketua RT yang demokratis karena dilaksanakan secara langsung, umum, bebas dan rahasia sehingga adil buat semua. Yang tak kalah pentingnya adalah ada upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19 dalam kondisi pandemi seperti ini,” ujar salah satu warga yang tidak bersedia disebutkan namanya.

Dari hasil pemilihan Ketua RT 4 di wilayah RW 8 kelurahan Tlogomas ini menurut Rachmad Safa’at yang terpilih sebagai Ketua RT 4 yang baru adalah Sonny Oktavianto.

“Semoga bisa amanah dalam menjaga kepercayaan warga yang telah diberikan melalui pemilihan Ketua RT 4 ini,” pungkas Rachmad Safa’at. (A.Y)

Tags: , , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan