Adadimalang.com

The Art of News

banner 728x90

BPJS Kesehatan Jamin Layanan Tetap Berjalan Bagi Para Pemudik Di Wilayah Malang Raya

BPJS Kesehatan Jamin Layanan Tetap Berjalan Bagi Para Pemudik Di Wilayah Malang Raya

Semua layanan tetap dapat diakses meski bukan FKTP langganan.

ADADIMALANG. Kesehatan – Bulan Ramadhan tahun 2019 akan segera berakhir dan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah sudah di depan mata. Salah satu budaya setiap kali Hari Raya Idul Fitri di Indonesia adalah budaya pulang ke kampung halaman atau mudik sebagai ajang silahturahmi bagi para perantau untuk dapat saling bermaaf-maafan di hari yang fitri tersebut.

Menyadari besarnya jumlah pemudik setiapkali Hari Raya Idul Fitri, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Malang menjamin bahwa layanan kesehatan bagi masyarakat Malang Raya ataupun para pemudik yang melintas di wilayah Malang Raya ataupun tujuan Malang Raya akan tetap dapat digunakan.

“Jadi meskipun itu waktu libur atau cuti mudik, tetapi layanan kesehatan akan tetap bisa didapatkan dan ada petugas kita yang standby on call,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Malang, Hendry Wahjuni.

Petugas BPJS Kesehatan yang bertugas (in charge) akan dipersiapkan jika sewaktu-waktu terjadi permasalahan yang membutuhkan segera penyelesaian atau solusi tercepat dan terbaiknya.

“Akan ada petugas yang in charge dan ready on call sehingga masyarakat bisa menghubungi jika terjadi permasalahan layanan kesehatan,” ujar Hendry Wahjuni.

Selain itu, pemudik yang melintas di wilayah Malang Raya atau memang menuju tujuan Malang Raya tidak perlu khawatir jika membutuhkan layanan kesehatan.

“Para pemudik bisa tetap mendapatkan layanan kesehatan sama seperti biasanya saat berada di kota tempat asalnya tinggal (domisili) dengan mendatangi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di wilayah Malang Raya,” ungkap perempuan ramah ini.

Diakui tidak semua FKTP akan tetap buka pada saat liburan atau cuti Hari Raya Idul Fitri (Lebaran), sehingga Hendry mengingatkan perlunya menginstal aplikasi mobile JKN-KIS sehingga bisa diketahui FKTP terdekat yang buka sehingga bisa mendapatkan layanan kesehatan.

BACA JUGA :  10 polisi nakal ditindak tegas oleh Kapolres Malang Kota

“Syaratnya sama kok cukup bawa kartu kepesertaan BPJS Kesehatan dan jika perlu dilengkapi Kartu Tanda Penduduk atau kartu identitas,” ujar Hendry Wahjuni dihadapan awak media Malang, Senin (27/05).

Meski tetap menggunakan alur seperti biasanya mendapatkan layanan kesehatan di tempat asalnya, para pemudik bisa juga langsung ke Rumah Sakit jika membutuhkan layanan kesehatan karena faktor darurat atau kegawat daruratan ataupun saat FKTP sekitar ternyata tutup saat liburan Lebaran nanti.

Saat ditanya berapa jumlah FKTP di wilayah Malang Raya yang akan tetap buka dan bisa memberikan layanan kesehatan, Hendry belum bisa memastikan mengingat data FKTP yang akan tetap buka masih belum selesai 100 persen.

“Namun untuk penderita penyakit kronis, saya sarankan untuk memeriksakan kesehatannya terlebih dahulu sebelum mudik sehingga bisa mendapatkan obat yang harus dikonsumsi saat berada di tempat mudiknya nanti,” ujar Hendry Wahjuni yang didampingi beberapa Kepala Bagian di BPJS Kesehatan Malang. (A.Y)

Tags: , , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan