Hasil Riset Adiwangsa Menunjukkan Jokowi Masih Unggul Di Malang Raya

Hasil Riset Adiwangsa Menunjukkan Jokowi Masih Unggul Di Malang Raya

Jokowi-Ma’ruf Amin 55.70%, Prabowo-Sandiaga Uno 35%.

Kota Malang – Setelah melakukan pengambilan data mulai bulan November 2018 lalu, Lembaga Riset Adiwangsa akhirnya merelease hasil survey mereka sore hari ini, Selasa (05/03).

Dalam survey yang dilakukannya, Adiwangsa mendapatkan hasil popularitas dan elektabilitas Calon Presiden (Capres)-Calon Wakil Presiden (Cawapres) serta Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR RI dan DPRD Jawa Timur pada daerah pemilihan (dapil) Malang Raya.

“Dari hasil.survey kami ini, wilayah Malang Raya masih didominasi oleh pendukung Pasangan Calon Presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin dengan prosentase 55.70 persen, sedangkan pasangan Calon Presiden Prabowo-Sandiaga Uno mendapatkan dukungan 35% suara,” ungkap Direktur Adiwangsa, Mahatva Yoga.

Dari pemberi dukungan pasangan Calon Presiden tersebut diketahui ada 9.30 persen yang tidak memilih (golput) dengan total responden sebanyak 480 orang dari wilyah Malang Raya yang dipilih.

Meskipun jumlah yang tidak memilih (golput) mencapai 9.30 persen, namun menurut Mahatva Yoga tren partisipasi masyarakat Malang Raya justru mengalami peningkatan. Pada Januari 2019 diketahui tren partisipasi naik menjadi 82 persen dan Februari naik 85 persen.

“Hal ini tidak lepas dari banyaknya rangsangan politik seperti gencarnya sosialisasi Pemilu yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Malang,” ungkap Mahatva Yoga di Cafe Vespa Cowboys, Kota Malang.

Selain itu, Yoga juga mengingatkan bahwa kejadian penangkapan anggota DPRD kota Malang dan Ketiga Pimpinan Daerah di Malang Raya oleh KPK juga mempengaruhi tingkat partisipasi masyarakat.

“Rata-rata masyarakat tidak menginginkan hal tersebut kembali terjadi sehingga mereka memilih memberikan suara agar ada kondisi yang lebih baik di Malang Raya,” ungkap pria berkacamata ini. (A.Y)

Agus Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *