Muncul Dua Nama Caleg DPR RI Pendatang Baru Masuk Survei Adiwangsa

Muncul Dua Nama Caleg DPR RI Pendatang Baru Masuk Survei Adiwangsa

Nama Ali Ahmad dan Krisdayanti disebut-sebut responden.

Kota Malang – Setelah melakukan pengambilan data mulai bulan November 2018 lalu, Lembaga Riset Adiwangsa akhirnya merelease hasil survey mereka sore hari kemarin, Selasa (05/03).

Dalam survey yang dilakukannya, Adiwangsa mendapatkan hasil popularitas dan elektabilitas Calon Presiden (Capres)-Calon Wakil Presiden (Cawapres) serta Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR RI dan DPRD Jawa Timur pada daerah pemilihan (dapil) Malang Raya.

“Dari hasil.survey kami ini, wilayah Malang Raya masih didominasi oleh pendukung Pasangan Calon Presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin dengan prosentase 55.70 persen, sedangkan pasangan Calon Presiden Prabowo-Sandiaga Uno mendapatkan dukungan 35% suara,” ungkap Direktur Adiwangsa, Mahatva Yoga.

Dari pemberi dukungan pasangan Calon Presiden tersebut diketahui ada 9.30 persen yang tidak memilih (golput) dengan total responden sebanyak 480 orang dari wilyah Malang Raya yang dipilih.

Selain Hasil survei Adiwangsa juga menyebutkan bahwa beberapa calon legislatif DPR RI dan Provinsi Jawa Timur petahana dari Dapil Malang Raya masih unggul dalam hal elektabilitas.

“Di peringat pertama ada petahana dari PDIP yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah dengan 14 persen yang disusul Andreas Eddy Susetyo masih dari PDIP di posisi kedua dengan 12,5 persen, Moreno Soeprapto (Gerindra) di posisi ketiga dengan 11,7 persen,” ungkap Mahatva Yoga.

Sementara ada beberapa nama petahana lainnya masih dsebut oleh responden antara lain, Ridwan Hisjam (Golkar), Latifah Shohib (PKB), Kresna Dewanata Prosakh (NasDem), Nurhayati Assegaf (Demokrat) dan Totok Daryanto (PAN) meskipun dengan elektabilitas di bawah 10 persen.

“Namun ada yang menarik karena Krisdayanti dari PDIP dan Ketua DPC PKB kabupaten Malang Ali Ahmad memiliki popularitas dan elektabilitas yang cukup bagus diantara pendatang baru lainnya ataupun petahana yang ada,” ungkap Mahatva.

BACA JUGA :  Sapma PP Kota Malang akan peringati Hari Pahlawan dengan melaksanakan Apel, Tabur Bunga dan Membersihan TMP

Nama Ali Ahmad menurut Mahatva Yoga berada di urutan ketujuh dengan elektabilitas 8,1 persen dengan tingkat popularitas 62 persen, hanya selisih tipis dari petahana Latifah Shohib (PKB).

Survei Adiwangsa menunjukkan bahwa Ali Ahmad memiliki popularitas yang cukup bagus sehingga mengungguli Caleg petahana seperti Ridwan Hisjam dari partai Golkar (53%), Latifah Shohib dari PKB (58%), Totok Daryanto dari PAN (35%) dan Nurhayati Assegaf dari Partai Demokrat (32%).

Dari hasil survei Adiwangsa dengan uji saint league, PDIP akan meraih kursi pertama dan kelima, PKB kedua dan keenam, Golkar ketiga, Gerindra keempat, Nasdem ketujuh, dan tiga selanjutnya diperebutkan PDIP, Golkar serta PAN.

Dengan demikian Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan punya dua anggota legislatif yang menuju ke Senayan, dimana jika dilihat dari tingkat elektabilitas maka dua kandidat teratas akan diisi oleh petahana Latifah Shohib dengan 8,3 persen dan Ali Ahmad dengan 8,1 persen.

Menanggapi hasil survei Adiwangsa tersebut, Ali Ahmad yang akrab disapa gus Ali ini menyatakan hasil survei dari lembaga riset Adiwangsa tersebut akan dijadikan pemacu bagi PKB untuk bekerja lebih keras lagi.

“Ya Alhamdulillah. Tentunya tim kami akan terus bekerja. Masih ada waktu sekitar satu bulan hingga masa tenang pemilu awal April,” tandasnya. (A.Y)

Agus Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *