Adadimalang.com

The Art of News

banner 728x90

Pejabat Dari Malaysia Kunjungi Kampung 3G Hari Ini

Pejabat Dari Malaysia Kunjungi Kampung 3G Hari Ini

Ingin mempelajari tentang gotong royong yang menjadi inti partisipasi masyarakat di Kampung 3G.

ADADIMALANG. Umum – Berbagai prestasi berupa penghargaan dan pengakuan dari tingkat nasional hingga internasional terua didapatkan oleh Kampung Glinyung Go Green (3G) di kota Malang.

Kampung 3G berhasil menjadi 15 besar dalam kompetisi internasional yang diselenggarakan Ghuanzhou China dari lebih 300 peserta di seluruh Indonesia. Belum lagi pengakuan dari berbagai instansi dan lembaga Indonesia, seperti Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang menyatakan bahwa Kampung 3G merupakan implementasi kegotongroyongan yang merupakan intisari Pancasila dalam kehidupan yang sebenarnya.

Inisiator Kampung 3G, Bambang Iriainto menyatakan hal tersebut merupakan salah satu wujud partisipatif masyarakat dalam membangun Kampung Glintung Go Green (3G).

“Perubahan mindset warga untuk bergotongroyong itulah yang menjadi daya tarik pengunjung datang ke Kampung 3G untuk belajar,” ujar Bambang Irianto.

Kegotongroyongan sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam membangun kampung ini juga yang membuat Pejabat dari Malaysia akan mengunjungi Kampung 3G pada hari ini, Rabu (26/06).

“Rencananya yang akan datang adalah Y.B.Dr.Siti Mariah Binti Mahmud yang menjabat sebagai Ahli Majlis Mesyuarat Kerajaan Negeri Selangor, pengurus Jawatan kuasa Tetap Kesihatan, Kebijakan, Pemberdayaan Wanita dan Keluarga Kerajaan Negeri Selangor-Malaysia akan mengunjungi Rumah Prestasi Glintung Go Green di Jalan Karya Timur Dalam Gang Koramil kota Malang ini,” ujar Bambnag Irianto.

Pria yang mendapat penghargaan sebagai penerima Piala Kalpataru sebagai Pembina Lingkungan ini menjelaskan bahwa salah satu target kunjungan adalah mempelajari bagaimana membangun semangat gotong royong atau kegotong royongan yang ada di Indonesia dan bagaimana peranan wanita dalam proses pembangunan dan ingin mengatasi permasalahan banjir dengan konservasi air yang berbasis partisipasi masyarakat.

BACA JUGA :  Sholawat Badar iringi penerimaan tanda terima pencalegan PKS Kota Malang

“Ketiga target ini ada di Kampung 3G yang membangun dengan sistem gotongroyong dan memberikan peran seluas-luasnya kepada perempuan dengan adanya srikandi. Selain itu Kampung 3G merupakan inovator gerakan konservasi air yang berbasis partisipasi masyarakat. Sehingga tidak salah Kampung 3G menjadi salah satu lokasi kunjungan,” ujar Bambang Irianto.

Sayangnya saat kunjungan pejabat Malaysia tersebut datang, Bambang Irianto yang menjabat sebagai Manager 3G tersebut tidak ada di Kampung 3G karena sedang melakukan Studi Banding Manajemen kawasan pemukiman di Eropa.

“Sebagai salah satu wujud partisipasi masyarakat dan peranan wanita, maka nanti yang akan menerima kunjungan Y.B.Dr.Siti Mariah Binti Mahmud dari Malaysia adalah para Srikandi 3G yang menyambutnya dengan bahasa Inggris,” pungkas Bambang Irianto. (A.Y)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan