Polinema Gandeng Google Untuk Jual Buku Secara Online

Polinema Gandeng Google Untuk Jual Buku Secara Online

Menyiasati belum tersedianya toko buku offline.

Kota Malang – Polinema Press kembali melakukan inovasi dalam mendistribusikan buku-buku tulisan para dosen pengajar Politeknik Negeri Malang (Polinema) yang telah selesai dicetaknya.

Ketua Polinema Press, Abdul Muqit menjelaskan bahwa buku-buku tulisan dosen pengajar Polinema yang telah diterbitkan oleh Polinema Press ternyata mendapat animo yang tinggi.

“Selain dibutuhkan oleh mahasiswa Polinema sebagai buku ajar, ternyata buku tulisan dosen Polinema ini juga diminati oleh kampus politeknik yang lain di Indonesia dan masyarakat lain yang membutuhkan,” ujar Abdul Muqit.

Melihat kondisi dan animo yang cukup tinggi, Polinema Press pernah mengusulkan untuk membuka toko buku Polinema yang akan mendisplay buku-buku yang telah dicetak oleh Polinema Press.

“Karena berbagai hal termasuk ketersediaan lahan, akhirnya toko buku Polinema tersebut masih belum bisa terealisasikan tapi kita tetap melakukan inovasi dalam pendistribusian buku,” ujar Abdul Muqit.

Pernyataan Abdul Muqit tersebut diamini oleh Wakil Drektur IV Polinema, Luchis Rubianto yang menyatakan bahwa permasalahan ketersediaan lahan yang masih menjad kendala untuk pembuatan toko buku Polinema tersebut.

Wakil Direktur IV Polinema

“Polinema Press ini luar biasa, selain terus memotivasi dosen untuk menulis buku, juga terus melakukan inovasi dalam hal pendistribusian buku,” ungkap Luchis Rubianto.

Salah satu inovasi yang dilakukan Polinema Press adalah bekerjasama dengan Google untuk melakukan distribusi buku tulisan dosen Polinema yang telah dicetak oleh Polinema Press.

“Jadi sekarang kita sudah kerjasama dengan Google, dimana ada dua pilihan untuk mendapatkan buku hasil cetakan Polinema Press yakni dalam bentuk buku secara fisik (handbook) ataupun dalam bentuk EBook,” ujar Ketua Polinema Press.

Dari sekitar 270 buku yang telah diajukan ke Google, Abdul Muqit menjelaskan baru sekitar 100 buku yang telah disetujui dan sudah ada versi EBooknya dan bisa dibeli melalui Google.

BACA JUGA :  182 siswa mengikuti simulasi UNBK di SMK PGRI 3 Malang

“Meski mahasiswa dan pembeli lebih suka membeli dalam bentuk handbook, namun kita akan terus mengupayakan penambahan EBook karena sesuai perkembangan EBook juga terus naik peminatnya,” ungkap Abdul Muqit.

Dengan kerjasama dengan Google untuk penjualan secara online tersebut, diharapkan tidak ada yang menjadi kendala dalam pendistribusian buku cetakan Polinema Press meski tidak mendisplay buku pada toko buku secara fisik. (A.Y)

Agus Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *