Sudah Ada 43 Ribu Koperasi Yang Dibekukan

Sudah Ada 43 Ribu Koperasi Yang Dibekukan

Hasil kerja Kementerian Koperasi selama Empat tahun terakhir.

Kota Malang – Setelah bekerja hampir selama empat tahun sejak tahun 2014 lalu, Kementerian Koperasi dan UKM saat ini telah membekukan sekitar 43 ribu koperasi yang dinilai bermasalah.

“Selain dinilai bermasalah juga karena tidak aktif,: ujar Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM RI, Rully Indrawan saat berkunjung ke kota Malang beberapa waktu yang lalu.

Pembekuan yang dilakukan oleh Kementerian Koperasi tersebut menurut Rully didasarkan pada laporan yang masuk ke Kementerian dan juga temuan dari bidang penindakan di Kementerian.

“Setelah diberi peringatan beberapa kali sesuai mekanisme yang ada, maka akan kami bekukan koperasi yang bersangkutan dengan cara pencabutan ijin operasionalnya,” ungkap Rully.

Meski telah dicabut ijin operasionalnya, namun dari Kementerian Koperasi dan UKM RI masih memberikan kesempatan dengan melihat apakah ada upaya dari koperasi yang telah dicabut ijinnya itu untuk memperbaiki kekurangannya.

“Jika dilihat beberapa waktu ternyata ada upaya perbaikan, maka kami masih memberikan kesempatan kembali,” ungkap pria berkacamata ini.

Jumlah 43 ribu koperasi yang telah dibekukan tersebut berasal dari seluruh wilayah Indonesia dan Rully juga menghimbau masyarakat untuk melapor atau menginformasikan.

“Jika tahu ada koperasi yang ilegal atau melanggar hukum atau tidak aktif laporkan ke kami atau ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Koperasi yang ada di masing-masing Pemerintah Daerah,” ujar Rully Indrawan.

Rully menegaskan pemantauan dan penindakan akan terus diberikan termasuk edukasi kepada para pelaku koperasi untuk terus maju dan berkembang seiring perkembangan teknologi yang ada saat ini. (A.Y)

BACA JUGA :  Albusmin menjadi pilihan asupan nutrisi untuk Pola Hidup Sehat saat ini

Agus Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *