Sutiaji : Saya Harapkan Mulai Tertib Arsip

Sutiaji : Saya Harapkan Mulai Tertib Arsip

Menuju kota Malang berakreditasi lebih baik untuk bidang kearsipan.

Kota Malang – Sebagai salah satu upaya meningkatkan akreditasi bidang kearsipan kota Malang dari C menjadi lebih baik, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Perpustakaan dan Kearsipan kota Malang menggelar bimbingan teknis penyelamatan arsip vital perangkat daerah di Hotel Savana kota Malang pagi hari tadi, Kamis (11/04).

Sebelum membuka acara, Walikota Malang Sutiaji meminta semua OPD di kota Malang untuk mulai tertib arsip mengingat permasalahan administrasi meskipun tidak ada unsur pidana akan tetapi bisa berimplikasi permasalahan pidana jika ada temuan.

“Ada pejabat di Jawa Timur yang sudah pensiun tapi saat ini tengah diperiksa karena persoalan saat dia menjabat 12 tahun yang lalu. Jadi hanya sekedar memo atau disposisi saja bisa menjadi masalah, sehingga perlu yang namanya arsip. Oleh karena itu perlu tertib arsip mulai saat ini,” ujar Sutiaji.

Terkait dengan akreditasi kearsipan kota Malang yang masih C, Sutiaji meminta semua pihak benar-benar berkomitmen dan serius untuk meningkatkan akreditasi menjadi B atau bahkan A.

“Tindakan hukum itu akan ada jika ada suatu proses yang tidak dilalui. Misalkan surat tiba-tiba muncul tanpa melalui prosedur seharusnya maka itu patut dipertanyakan dan akan menjadi pertanyaan atau temuan,” ungkap Sutiaji.

Walikota Malang mengharapkan semua OPD serius tertib arsip agar tidak ada permasalahan yang muncul di kemdudian hari.

“Saat saya masih jadi Ketua RW, pernah ada Ketua RT bermasalah hingga ke pengadilan karena menerbitan surat kematian padahal orangnya masih hidup. Akhirnya muncul gugatan dari ahli warisnya. Hal itu tidak akan terjadi jika arsip atau dokumen itu ada,” ujar Sutiaji.

Peningkatan tertib arsip menurut Sutiaji tetap perlu dilaksanakan saat ini sembari menunggu dukungan IT agar bisa dilaksanakan pengarsipan secara online.

BACA JUGA :  Resto dan hotel Akui Inovasi BP2D Kota Malang Permudah Pembayaran Pajak Daerah

“Kita semua sudah harus mempersiapkan saat ini, jika bisa nanti bersamaan antara offline dan online. Mau tidak mau tahun 2019 ini sudah harus bisa diterapkan,” pungkas Sutiaji.

Bimbingan Teknis Penyelamatan Arsip Vital Perangkat Daerah dengan tema ‘Sadar dan Tertib Arsip’ di hotel Savana kota Malang ini menghadirkan Diyah Kuswardani dan Diah ismiatun dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur.

“Kelurahan Wonokoyo sudah bisa menemukan arsip dalam waktu kurang dari Tiga Menit, dimana standar maksimal pencarian asrip adalah Tiga menit,” ujar Kepala Seksi Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, Diyah Kuswardani.

Diyah menegaskan perlu adanya penataan ruang penyimpanan dengan benar sehingga akan mendukung proses pencarian arsip saat diperlukan. (A.Y)

Agus Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *