Adadimalang.com

The Art of News

banner 728x90

TPID Jatim Punya 4K Untuk Kendalikan Inflasi

TPID Jatim Punya 4K Untuk Kendalikan Inflasi

Malang adalah jantung Jawa Timur.

KotaMalang – Menggunakan teknik yang dinamai 4K menjadi senjata Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Jawa Timur untuk menjawab tantangan Pengendalian inflasi Jatim 2019.

Wakil Gubernur Jatim, Emil Elistianto Dardak dalam acara Capacity Building TPID Jatim di kota Malang menjelaskan 4K yang dimaksud meliputi keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif.

Dari roadmap pengendalian inflasi kali ini yang paling disorot adalah permasalahan distribusi.

“Jika konektivitas makin baik antar satu daerah dengan daerah lain maka dampaknya di provinsi akan sangat bagus,” kata Emil Dardak di Hotel Aria Gajayana, Senin (04/03)

Keterjangkauan harga menurut Emil, bisa dicapai dengan stabilisasi harga dan mengelola permintaan, sedangkan ketersediaan pasokan dengan cara memperkuat konektivitas dan kerjasama produksi antar lembaga.

Sementara kelancaran distribusi diselesaikan dengan memperkuat infrastruktur di tiap daerah.

“Malang ini jantungnya Jawa Timur. Begitu terkoneksi dengan adanya infrastruktur yang memadahi seperti JLS ataupun tol mapan itu dapat memperlancar arus distribusi,” jelas Emil.

Komunikasi efektif mampu dicapai melalui upaya koordinasi antar pusat dan daerah. Menurutnya, TPID merupakan bagian penting untuk bisa 4K itu sendiri.

“Misalkan, bagaimana beras yang dihasilkan petani tidak langsung diborong oleh pemilik modal,” ujar Emil. (Jaz)

BACA JUGA :  Wakil Walikota Malang Kunjungi rumah Warga Miskin Yang sakit

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan