Sinergi Bea Cukai dan Dubes RI Ajak Pelaku Usaha Tingkatkan Ekspor

ADADIMALANG – Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Bahrain, Nur Sjahrir Rahardjo menghadiri kegiatan Sarasehan peningkatan pasar ekspor dan investasi untuk meningkatkan hubungan bisnis Indonesia khususnya Jawa Timur dengan negara di Timur Tengah di Kantor Wilayah Bea Cukai Jatim II.

“Perbandingan impor dan ekspor dari Indonesia ke Bahrain khususnya ini cenderung defisit. Jadi kita lebih banyak impor dari Bahrain daripada ekspor kesana. Nah ini sebetulnya bisa menjadi catatan bagi kita untuk dapat meningkatkan ekspor ke Bahrain. Tapi perlu dicatat, saya harap tidak hanya (ekspor) ke Bahrain. Tapi juga ke negara-negara lain,” tutur Nur Sjahrir Rahardjo dalam acara bertajuk Sarasehan bersama Dubes RI Untuk Kerajaan Bahrain.

Acara yang digelar Kanwil Bea Cukai Jatim II tersebut merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan pasar ekspor Jawa Timur di Timur Tengah melalui diseminasi perkembangan ekonomi dan potensi Indonesia terkini sekaligus sebagai forum dialog dengan para pelaku usaha dari wilayah kerja Kanwil BC Jatim II untuk mendorong perluasan pasar produk yang dihasilkan hingga ke luar negeri serta peningkatan investasi.

Secara khusus Kakanwil BC Jatim II, Oentarto Wibowo mengajak para pelaku usaha untuk dapat memperluas pasar produknya hingga ke luar negeri dimana akan tersedia berbagai macam fasilitas yang diberikan dalam rangka peningkatan ekspor ini.

“Salah satu tugas dari Bea Cukai adalah Industrial Assistance. Jadi kami bertugas untuk mendorong industri Bapak Ibu sekalian untuk dapat bersaing di pasar internasional. Kami akan berikan fasilitas-fasilitas yang akan sangat memudahkan. Kami punya yang namanya fasilitas Kawasan Berikat, KITE IKM. Atau kalau memang belum cocok, kami bisa carikan fasilitas yang tersebar di Kementerian – kementerian lain di luar sana,” tegas Oentarto.

Kegiatan sarasehan sekaligus sosialisasi perdagangan internasional ini mendapat sambutan hangat dari para pelaku usaha yang hadir. Sejumlah pengusaha menunjukkan antusiasme untuk hadir pada acara yang dikemas bersama dengan pameran hasil produksi masing-masing pelaku usaha. Beberapa perusahaan juga tampak antusias untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai berbagai peluang ekspor tersebut.

Beberapa pimpinan Satuan Kerja di wilayah kerja Kanwil BC Jatim II, Perwakilan Bank Indonesia Malang, Pemerintah Daerah, Dinas Perdagangan Provinsi Jawa Timur termasuk 50 pelaku usaha yang ingin memperluas pasar ekspornya ke Timur Tengah nampak hadir dalam kegiatan tersebut. (A.Y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini