Polinema Kembali Gelar Digital Talent Scholarship Tahun 2020

Baca Juga

Plt. Walikota Malang tawari Teh Pucuk Harum Gelar Event Kuliner Skala Nasional di Kota Malang

Kota Malang – Bertempat di lapangan Rampal kota Malang, event festival kuliner ‘Pucuk Coolinary Festival’ dibuka secara resmi sekitar...

1,5 Bulan Ini Naga Menghidupi Ibunya Seorang Diri

Anak 8,5 tahun mengemis untuk hidupi ibunya yang patah tulang korban kecelakaan. ADADIMALANG - Tidak ada yang menyangka bahwa roda...

Organisasi Pemuda Internasional AIESEC lakukan Studi Budaya ke KBP

Mahasiswa Asing mendominasi kunjungan studI budaya AIESEC ke Kampung Budaya Polowijen. Kota Malang - Didominasi oleh mahasiswa asing, orgaanisasi Association...

ADADIMALANG – Setelah sukses menggelar Digital Talent Scholarship (DTS) perdana di tahun 2019 lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan Politeknik Negeri Malang (Polinema) kembali menggelar Digital Talent Scholarship (DTS) tahun 2020 dengan program Vocational School Graduate Academy (VSGA).

DTS VSGA tahun 2020 ini merupakan DTS VSGA tahun ke 2 yang dilaksanakan oleh Jurusan Teknologi Informasi (JTI) Polinema dimana untuk pelaksanaan DTS kali ini akan sangat berbeda dengan pelaksanaan tahun sebelumnya karena akan dilaksanakan secara daring (online).

Kegiatan Digital Talent Scholarship (DTS) tahun 2020 kali ini dibuka secara resmi oleh Pembantu Direktur IV Polinema Luchis Rubianto secara daring yang diikuti pula oleh Kepala Balai Pengembangan SDM dan Penelitian (BPSDMP) Kementerian Kominfo Surabaya, Eka Handayani, para pengajar, panitia dan peserta DTS VSGA 2020 hari ini, Jumat (25/09/2020).

Program VSGA yang merupakan program pelatihan intensif berbasis kompetensi nasional ini ditujukan bagi lulusan Pendidikan Vokasi (SMK, D3, D4) bidang TIK, Elektro, Telekomunikasi, Desain Komunikasi Visual, Animasi, Multimedia yang belum bekerja.

“Program VSGA bertujuan untuk mencetak SDM level teknisi dalam bidang digital. DTS VSGA 2020 Polinema dilaksanakan pada bulan September sampai dengan November 2020 meiputi pelatihan technical skills, soft skills development dan uji kompetensi atau sertifikasi,” ungkap Ketua Jurusan Teknologi Informasi Polinema, Rudy Ariyanto.

Menurut Rudy Ariyanto, pada tahun 2019 DTS VSGA dilaksanakan dua kali dimana pada batch 1 jumlah peserta mencapai 314 peserta dan 249 dari peserta tersebut berhasil ikut sertifikasi. Sementara pada batch 2 jumlah peserta yang lolos seleksi sebanyak 305 peserta dan yang ikut sertifikasi sebanyak 267 peserta. Sebanyak 12 alumni tahun 2019 telah berhasil membangun startup.

“Pada tahun 2020 ini jumlah peserta menurun karena pandemi Covid-19 dimana jumlah pendaftar sebanyak 252 dan yang lolos seleksi sebanyak 245 peserta. Berdasarkan skemanya, jumlah peserta tahun 2020 terdiri dari Junior Graphic Design 86 peserta, Junior Network Administrator 50 peserta, Junior Mobile Programmer 47 peserta dan Junior Web Developer 62 peserta,” ungkap Rudy Ariyanto.

Sementara itu, Pembantu Direktur IV Polinema, Luchis Rubianto menyampaikan bahwa target peserta tahun ini sebanyak 1000 peserta namun karena adanya pandemi jumlah peserta menurun dari tahun sebelumnya.

“DTS merupakan kegiatan yang penting bagi Polinema khususnya pada Bidang Kerjasama karena merupakan kewajiban Bidang Kerjasama untuk dapat membekali minimal satu sertifikat kompetensi kepada calon alumni sebelum wisuda,” ujar Luchis Rubianto.

Masih dalam momen yang sama, Kepala Balai Pengembangan SDM dan Penelitian (BPSDMP) Kementerian Kominfo Surabaya, Eka Handayani menyampaikan apresiasi kepada Polinema atas kinerja pada tahun 2019.

“Polinema termasuk penyelenggara terbaik dalam penyelenggaraan DTS VSGA. Presiden dan Menteri Kominfo mengapresiasi alumni DTS VSGA Polinema yang telah menghasilkan 12 startup. Pada tahun 2020 peserta DTS VSGA Polinema merupakan jumlah peserta kedua terbanyak,” ungkap Eka Handayani.

Menurut Eka Handayani, dengan terselenggaranya program VSGA ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi lulusan pendidikan vokasi yang akan berdampak dalam upaya pengurangan angka pengangguran serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi. (A.Y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Berita Terbaru

UB Mendapat Kepercayaan Pemprov Jatim Layarkan Satu Kapal Pelayanan Kesehatan

Akan memberikan pelayanan kesehtan bagi daerah kepulauan yang sulit dijangkau dengan jalur darat. ADADIMALANG - Dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan...

Jawa Timur Menjadi Provinsi Pertama Yang Masuk Level 1

Tersisa Kota Blitar yang masih zona Orange, Gubernur Jatim minta semua tidak kendor protokol kesehatan. ADADIMALANG - Provinsi Jawa Timur menjadi Provinsi pertama dan satu-satunya...

Sandiaga Uno Diapresiasi Sebagai Pemimpin Solutif Dan Gercep

Mampu cepat penuhi keinginan Pengurus Masjid untuk mengganti karpet yang telah usang. Lumajang ADADIMALANG - Ada hal yang tak terduga saat Menteri Pariwisata dan Ekonomi...

Gubernur Jawa Timur Apresiasi Dan Semangati Nakes Di UB

Ajak semua orang yang hadir berdiri dan menyanyikan lagu Padamu Negeri bersama Tenaga Kesehatan. ADADIMALANG - Ada yang menarik dalam kunjungan Gubernur Jawa Timur Drs...

Ikatan Alumni UB Gelar Vaksinasi Hingga Delapan Ribu Selama Empat Hari

Gubernur Jatim Dan Forkopimda Jawa Timur hadir memberikan apresiasi kepada Universitas Brawijaya yang getol melaksanakan vaksinasi. ADADIMALANG - Semenjak kasus paparan Covid-19 semakin meningkat dan...
- Advertisement -

Berita Terkait