Meski Pandemi, Pendapatan Kopdit Kosayu Malang Justru Bertambah

Tahun 2021 Kopdit Kosayu Malang akan banyak lakukan edukasi anggota untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19 yang masih belum usai hingga saat ini.

ADADIMALANG – Meskipun pandemi Covid-19 telah membawa dampak hampir semua lini kehidupan masyarakat dan membawa penurunan dalam hal ekonomi, nampaknya hal yang berbeda justru dialami oleh Koperasi Kredit (Kopdit) Kosayu Malang.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Kopdit Kosayu Malang Dwi Lejaring Pambudi saat pelaksanaan Rapat Akhir Tahunan (RAT) Kopdit Kosayu hari Minggu kemarin (21/02/2020).

Menurut Dwi Lejaring Pambudi, meski masih dalam kondisi pandemi covid-19 namun pendapatan Kopdit Kosayu masih meingkat.

“Ya memang peningkatannya tidak sebanyak pada tahun-tahun sebelumnya karena kondisinya saat ini tengah pandemi covid-19, namun pendapatan Kopdit Kosayu Malang tetap naik,” ungkap Ketua Kopdit Kosayu Malang.

Keberhasilan meningkatkan pendapatan dalam kondisi pandemi tersebut menurut Pambudi adalah hasil kerja Kopdit Kosayu Malang dengan menjalankan himbauan dari pemerintah terkait pandemi Covid-19.

“Meskipun kita (Kopdit Kosayu) tidak berada di bawa OJK, namun kita tetap mengikuti himbauan pemerintah dengan melakukan relaksasi kepada anggota yang memiliki kewajiban membayar pinjaman. Jika anggota kita terkena dampak pandemi Covid-19, maka kita ajak untuk berdialog tentang apa yang dapat dilakukan sebagai win-win solution, salah satunya adalah relaksasi selama tiga bulan,” ungkap Pambudi.

Dengan kebijakan penerapan relaksasi tersebut menurut pambudi justru meminimalisir adanya kegagalan pembayaran oleh anggota karena telah adanya pemberianwaktu untuk membayar ataupun keringanan untuk membayar seperti penundaan pembayaran tanggungan pokok sehingga hanya membayar bunganya saja.

Selain menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban pengurus Kopdit Kosayu Malang tahun buku 2020, juga disampaikan rencana program kerja di tahun 2021 dimana pemberian edukasi kepada anggota menjadi salah satu poin penting yang akan sering dilakukan oleh Kopdit Kosayu Malang.

“Kita tahulah anggota kita banyak yang terdampak pandemi Covid-19 ini sehingga kita memberikan edukasi tentang berbagai materi yang dapat dimanfaatkan untuk mampu bertahan atau menyiasati kondisi pandemi covid-19 ini,” ungkap Pambudi.

Dengan pemberian edukasi yang diharapkan bermanfaat dan mampu membuat survive usaha para anggotanya, Pambudi menyampaikan dengan kondisi seperti itu maka akan mampu membuat anggota Kopdit Kosayu Malang tetap bertahan dan memenuhi kewajibannya sebagai anggota kepada Kopdit Kosayu Malang. (A.Y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini