Persada Hospital Resmikan Ruang Isolasi Anggrek Khusus Menangani Pasien Covid-19

Memiliki kapasitas 50 tempat tidur dan terpisah dari gedung utama pelayanan agar pasien Non Covid-19 bisa lebih nyaman saat melakukan cek kesehatan ke Persada Hospital.

ADADIMALANG – Dengan tujuan untuk membantu penanganan pasien Covid-19 dan memberikan rasa nyaman bagi pasien non Covid-19 saat datang memeriksakan kondisi kesehatannya di Persada Hospital, Persada Hospita telah meresmikan penggunaan Ruang Isolasi Anggrek.

“Ruang Isolasi Anggrek seluas 1.000 meter persegi ini terpisah dari ruang pelayanan utama pelayanan Persada Hospital, dimana ruang isolasi Anggrek tersebut akan khusus melakukan penanganan pasien Covid-19. Selain Ruang Isolasi Anggrek yang baru dibangun semi permanen dalam waktu 14 hari tersebut, Persada Hospital juga telah mendirikan IGD Covid-19 yang letaknya juga terpisah dari ruang pelayanan utama Persada Hospital,” ungkap Direktur Persada Hospital, dr Sigit Riyarto, M.Kes., AAK.

Bagi pasien yang memiliki gejala terpapar Covid-19 akan ditangani terlebih dahulu di IGD Covid-19, dan apabila setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim IGD ternyata bukan Covid-19 maka akan ditangani di IGD Persada Hospital non Covid. Namun apabila pasien datang telah membawa hasil tes/surat keterangan terpapar Covid atau hasil pemeriksaan menunjukkan terpapar Covid-19, maka pasien akan segera dibawa ke Ruang isolasi Anggrek.

Selain berkapasitas 50 tempat tidur, Direktur Persada Hospital menyampaikan bahwa Ruang Isolasi Anggrek juga dilengkapi fasilitas penanganan Covid-19 seperti oksigen yang tersentral (tidak menggunakan tabung), ventilator portabel dan juga tenaga medis yang menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai standar keamanan medis dalam penanganan pasien Covid-19.

“Ruang Isolasi Anggrek ini memiliki sistem satu arah (one way) sehingga tidak terjadi pertemuan secara langsung antara pasien ataupun tenaga kesehatan saat masuk atau keluar gedung, CCTV, tenaga kesehatan yang telah melakukan penanganan pasien Covid-19 saat keluar gedung sudah steril dan ada tenaga kesehatan yang akan melakukan evaluasi dan pemantauan kondisi pasien selama 24 jam,” jelas Direktur Persada Hospital.

Direktur Persada Hospital lebih lanjut menambahkan mulai bulan Januari 2021 Persada Hospital secara resmi telah menerima dan menangani pasien Covid-19 dengan kuota sebanyak 25 tempat tidur dan pada bulan Juli 2021 bertambah kapasitasnya menjadi 50 tempat tidur. Saat ini Persada Hospital tengah menangani 40 orang pasien Covid-19 di areal khusus namun letaknya masih jadi satu kesatuan di gedung utama pelayanan Persada Hospital.

“Dengan pemisahan tempat penanganan ini semoga pasien Persada Hospital merasa nyaman dan tidak takut lagi datang ke Persada Hospital untuk memeriksakan kondisi kesehatannya. Apalagi sebelum masuk ke gedung pelayanan telah dilakukan screening untuk memastikan tidak ada orang yang terpapar Covid-19 masuk ke dalam,” ungkap pria berkacamata ini.

Tenaga kesehatan di Persada Hospital secara keseluruhan dipastikan telah mengikuti program vaksinasi sehingga tidak perlu lagi dikhawatirkan oleh masyarakat yang datang ke Persada Hospital.

“Akan ada sekitar 50 perawat yang akan bertugas di Ruang Isolasi Anggrek dimana semuanya telah divaksin dan selama ini telah mengikuti training dan hari ini akan melaksanakan simulasi sehingga akan siap menerima pasien mulai malam hari nanti,” ujar dr Sigit.

Selain menyediakan tempat penanganan pasien Covid-19 secara terpisah, Persada Hospital mulai bulan awal Agustus 2021 lalu telah meluncurkan paket isolasi Mandiri (Isoman) dimana pasien akan mendapatkan penanganan dan pemantauan tim medis selama sepuluh hari.

“Biasanya pasien Isoman yang kondisinya memburuk atau sampai meninggal disebabkan tidak ada pemantauan secara medis sehingga terjadi keterlambatan penanganan medis. Tetapi dengan paket isoman Persada Hospital ini pasien akan terus dipantau oleh tim medis selama sepuluh hari, dan jika kondisi pasien menurun atau memburuk maka dapat segera dibawa ke Ruang Isolasi Anggrek ini untuk mendapat penanganan lebih lanjut,” jelas dr Sigit Riyarto, M.Kes., AAK. saat ditemui Kamis sore kemarin (12/08/2021).

Rencananya Ruang Isolasi Anggrek Persada Hospital akan selesai dipersiapkan hari Kamis kemarin sehingga malam harinya telah dapat menerima pasien Covid-19. (A.Y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini