Berita

Mahasiswa Polinema Menjuarai Kompetisi Business Plan On Green Tourism

ADADIMALANG – Membawa inovasi pariwisata berwawasan lingkungan yang mampu menuntaskan persoalan limbah sekaligus meningkatkan keterampilan mitra dalam mengolah limbah Rainbow Soybean Park (R-bean Park), membuat dua mahasiswa Politeknik Negeri Malang (Polinema) menjuarai kompetisi Competition of Business Plan on Tourism dalam kegiatan International Edu-Preneur Summer Course Program 2021.

Kompetisi internasional yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Bali bekerja sama dengan Direktorat Mitras DUDI pada tanggal 31 Agustus 2021 hingga 2 September 2021 secara daring ini terdiri dari Workshop Teaching-Learning on Entrepreneurship dan Competition of Business Plan on Tourism.

Pada kompetisi Business Plan on Tourism, kedua mahasiswa yaitu Salamatul Hifdiyah dari Prodi D-IV Jaringan Telekomunikasi Digital Polinema dan Lia Ujung Tri Utami dari Prodi D-IV Manajemen Pemasaran bimbingan Dr. Dra. Anik Kusmintarti, MM. tersebut berhasil meraih Juara I.

“Selain pariwisata berwawasan lingkungan yang mampu menuntaskan persoalan limbah sekaligus meningkatkan keterampilan mitra dalam mengolah limbah Rainbow Soybean Park (R-bean Park) kami juga membawa konsep pariwisata berbasis pemberdayaan ibu-ibu PKK Kampung Industri Tempe Sanan guna mengoptimalkan potensi ecopreneur melalui icon inovasi Rainbow Tempe Ketawa” ujar Salamatul Hifdiyah.

‘R-bean Park’ hadir dengan tujuan memberdayakan mitra untuk dapat meningkatkan keterampilan dan kreativitas ibu-ibu PKK dalam memanfaatkan, mengolah, dan mereduksi limbah padat maupun limbah cair tempe serta menjadi solusi untuk meningkatkan perekonomian mitra. Salah satunya, menjadi berbagai olahan produk ‘Rainbow Tempe Ketawa’.

Olahan ‘Rainbow Tempe Ketawa’ ini meliputi Rainbow Nugget Tempe Ketawa, Rainbow Pudding Tempe Ketawa, Rainbow Macaroon Tempe Ketawa dan Rainbow Brownies Tempe Ketawa.

“Selain adanya inovasi berbagai olahan produk, ‘R-bean Park’ nantinya akan dikemas sebagai pariwisata terintegrasi yang menyediakan beragam paket pilihan sesuai kebutuhan calon pengunjung. Paket ini nantinya terdiri dari tiga pilihan mulai dari paket hemat, paket puas, dan paket eksklusif,” ungkap perempuan yang akrab disapa Salma ini.

Pada paket eksklusif juga disediakan ‘R-bean Training’ yang merupakan pelatihan terpadu pengolahan limbah dan pembuatan inovasi ‘Rainbow Tempe Ketawa’ serta beragam souvenir eksklusif khas Kampung Industri Tempe Sanan.

International Edu-Preneur Summer Course Program 2021 diikuti oleh mahasiswa luar negeri diantaranya dari Prancis, Jepang, Malaysia, Belanda, Rusia, Swiss, Filipina, Taiwan, Thailand, dan Timor Leste serta 88 peserta dari 43 Politeknik Negeri di Indonesia dan 20 Peserta berasal dari perguruan tinggi di Bali.

Kegiatan ini bermanfaat untuk penguatan dan perluasan jejaring internasional perguruan tinggi dan akademisi, meningkatkan kesadaran dalam melestarikan budaya dan lingkungan, meningkatkan peran sosial antar perguruan tinggi, dan meningkatkan daya saing global. (A.Y)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Exit mobile version