Pelajar SMA SMK Di Malang Raya Baru 15 Persen Yang Sudah Divaksin

Hari ini mendapat kuota 1.500 vaksin dari Polresta Malang kota.

ADADIMALANG – Seiring dengan telah dimulainya pertemuan tatap muka di sekolah, vaksinasi kepada pelajar juga terus digalakkan.

Selain mengantisipasi terpaparnya pelajar oleh Covid-19, vaksinasi pelajar tersebut dilaksanakan dalam rangka percepatan vaksinasi di kota Malang dan juga pemerataan vaksinasi.

“Dari sekitar 50 ribu pelajar SMA dan SMK di kota Malang, hingga saat ini baru ada sekitar 15 persen yang telah divaksin,”: ungkap Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jatim Wilayah Kota Malang dan kota Batu, Ema Sumiarti pagi tadi, Rabu (08/09/2021).

Menyadari masih banyaknya pelajar di tingkat SMA atau SMK di kota Malang yang masih belum divaksin, Polresta Malang Kota memberikan bantuan vaksinasi sebanyak 1.500 dosis yang diberikan kepada tiga sekolah di Graha Cakrawala Universitas Negeri malang (UM) hari ini.

“Untuk vaksinasi pelajar SMA atau SMK hari ini ada 1.500 kuota vaksin yang diikuti 700 siswa dari SMKN 2, 300 siswa SMKN 5 dan 500 siswa SMAN 8 SMK,” ungkap Ema Sumiarti.

Lebih lanjut Ema Sumiarti menegaskan jika siswa SMA dan SMK di kota Malang termasuk pihak sekolah telah siap jika dilaksanakan vaksinasi.

“Hingga saat ini untuk siswa yang telah menjalani vaksinasi dosis kedua baru siswa SMA 2 dan sebagian dari SMA 3 yang beberapa waktu lalu mengikuti kegiatan seribu vaksin untuk pelajar. Kami berharap vaksinasi pelajar ini dapat segera terselesaikan secepatnya,” ungkap perempuan ramah berkacamata ini.

Sementara itu ditemui di lokasi yang sama, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kota Malang, Drs H. Hari Mulyono, MT menegaskan pihak Cabang Dinas Pendidikan Jatim Wilayah dan sekolah telah memiliki data siswa yang telah divaksin dosis satu dan dua hingga siswa yang belum divaksin.

“Jadi data telah kami miliki termasuk pihak sekolah juga memilikinya tentang siswa yang telah melakukan vaksin mandiri atau vaksinasi pelajar termasuk siswa yang siap untuk divaksin. Untuk vaksin dosis dua kami akan menunggu jadwal dari Polresta Malang Kota,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Kepala Sekolah SMKN 2 Kota Malang ini.

Saat ditanya tentang siswa SMKN 2 Kota Malang yang telah divaksin, Hari Mulyono menerangkan hingga saat ini siswa SMKN 2 yang yang telah ikut vaksin mandiri sebanyak 300 siswa dan ditambah vaksin pelajar hari ini sebanyak 700 siswa.

“Jadi sudah seribu siswa di SMKN 2 Kota Malang yang telah divaksin, dan masih tinggal 800 siswa yang belum divaksin karena masih menunggu jadwal vaksinasi,” pungkas Kepala Sekolah SMKN 2 Kota Malang.

Pelaksanaan vaksinasi pelajar di Graha Cakrawala UM ini juga mendapat perhatian dari Kapolresta Malang kota AKBP Budi Hermanto SIK., M.Si yang memantau pelaksanaan vaksinasi secara langsung di lokasi.

“Ini merupakan salah satu upaya dari Polresta Malang kota untuk mempercepat vaksinasi demi segera terwujudnya herd immunity di kota Malang. Vaksinasi pelajar ini juga sudah mulai kita laksanakan terus, apalagi pertemuan tatap muka juga sudah dimulai di kota Malang di berbagai tingkatan sekolah,” ungkap Kapolresta Malang Kota.

Sementara itu usai mengikuti vaksin, salah satu siswa SMKN 2 Kota Malang yakni Ekawati Mustika Retno mengaku tidak merasakan efek samping dari pelaksanaan vaksinasi tersebut setelah menjalani masa observasi.

“Tadi awalnya takut sebelum divaksin, tapi ternyata tidak sakit kok,” ungkap perempuan berhijab ini. (A.Y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini