Menjelang Akhir Tahun Terjadi Peningkatan Permohonan Paspor di Imigrasi Malang

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang, Ramdhani, A.Md.IM, SH, M.Si (Foto : Agus Y ~ AdaDIMalang.com)
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang, Ramdhani, A.Md.IM, SH, M.Si (Foto : Agus Y ~ AdaDIMalang.com)

Dampak penurunan Covid-19 sehingga telah dibuka kegiatan ibadah di negara lain.

ADADIMALANG – Meredanya kasus Covid-19 di beberapa negara termasuk Indonesia berdampak adanya pembukaan pintu masuk bagi kunjungan dari luar negeri.

Dampaknya memasuki akhir tahun 2021 ini, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang mencatat adanya peningkatan permohonan pembuatan paspor bagi warga negara Indonesia yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri.

“Kenaikan ini telah terjadi selama tiga pekan terakhir hingga mencapai 100 permohonan pembuatan paspor setiap harinya,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang, Ramdhani A.Md.IM, SH, M.Si.

Peningkatan permohonan pembuatan paspor tersebut membuat Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang telah meningkatkan kuota permohonan paspor menjadi 50 permohonan dari kuota sebelumnya yang hanya 25 kuota saja.

“Dari mulai kuota kami yang 25 di Kantor Imigrasi, sekarang sudah melonjak sekitar 50 permohonan. Terus kami juga memiliki kuota sendiri di ULP Lippo Plaza Batu sebanyak 25. Kuota di UKK Kota maupun Kabupaten Probolinggo itu sebanyak 25. Jadi sekitar 100 permohonan paspor perharinya,” ungkap Ramdhani.

Namun ramdhani menegaskan, jika dalam proses pelayanannya nantinya kuota permohonan paspor masih dirasa kurang, maka Kantor imigrasi Kelas I TPI Malang akan meminta kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) untuk penambahan kuota permohonan paspor.

“Makanya kami berusaha untuk berkoordinasi dengan pusat untuk meminta tambahan kuota agar masyarakat yang datang meminta layanan dapat kami layani dengan baik,” ujarnya.

Penentuan penambahan kuota permohonan paspor tersebut menurut Ramdhani jumlahnya nantinya akan ditentukan oleh pemerintah pusat.

“Saat ini umroh ke Arab Saudi telah mulai dibuka sehingga otomatis ada kenaikan permohonan pembuatan paspor, baik untuk haji maupun untuk bekerja ataupun untuk liburan,” pungkas Ramdhani. (A.Y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini