Berita

Tindaklanjuti MoU, STIE Malangkucecwara Kembali Latih Pelaku UMKM

Diikuti 20 pelaku UMKM di wilayah kelurahan Blimbing.

ADADIMALANG – Usai melaksanakan pelatihan kepada pelaku usaha di Kampung Tematik Kajoetangan Heritage minggu lalu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STIE Malangkucecwara kembali melakukan upgrading knowledge para pelaku UMKM.

“Hari ini kami kembali melaksanakan pelatihan kepada para pelaku UMKM khususnya di wilayah kelurahan Blimbing. Sebenarnya animonya sangat tinggi untuk ikut pelatihan, Namun karena harus mematuhi protokol kesehatan Covid-19 maka kami batasi hanya 20 orang pelaku UMKM untuk pelatihan hari ini,” ungkap Ketua LPPM STIE Malangkucecwara, Siti Munfaqiroh, M.Si di sela-sela pelaksanaan pelatihan pagi tadi, Sabtu (20/11/2021).

Dengan melaksanakan pelatihan tersebut, Ketua LPPM STIE Malangkucecwara berharap produk pelaku UMKM dapat lebih dikenal di pasar yang lebih luas.

“Dengan pengenalan marketplace maka produk para pelaku UMKM ini akan dapat lebih dikenal mengingat pemasarannya dilakukan secara online. Lebih bagus lagi jika dapat dikenal dan mampu terjual ke pasar internasional,” ujar Siti Munfariqoh.

 

Pelatihan yang dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari MoU Pendampingan STIE Malangkucecwara tersebut kali ini mengambil dua tema besar yaitu tentang pengenalan marketplace sebagai sarana  promosi dan penjualan serta pelatihan tentang strategi penetapan harga agar lebih kompetitif.

“Yang pertama adalah strategi pemasaran dengan menggunakan marketplace yang kita perkenalkan kepada para pelaku UMKM. Selain itu, kita latih untuk penentuan harga produk agar dapat bersaing dengan produk kompetitor,” ujar perempuan berhijab ini.

Ditemui di lokasi yang sama, Ketua Paguyuban UMKM kelurahan Blimbing, Suryo Adiwiyono mengaku sangat terbantu dengan adanya pelatihan yang dilaksanakan oleh STIE Malangkucecwara ini.

“Pelaku UMKM ini tahunya hanya bagaimana menjual barang dan mendapatkan pendapatan untuk kebutuhan hidupnya. Dengan pelatihan seperti ini maka ada ilmu yang dapat kami terapkan dalam rangka meningkatkan penjualan produk para pelaku UMKM di wilayah Kelurahan Blimbing,” ungkap Suryo Adiwiyono.

Suryo berharap ada pelatihan berikutnya dari STIE Malangkucecwara untuk materi-materi yang dapat menunjang pengembangan UMKM di wilayah Kelurahan Blimbing Kota Malang.

Menanggapi hal tersebut, Siti Munfariqoh menyatakan LPPM STIE Malangkucecwara siap melakukan pendampingan dalam bentuk pelatihan-pelatihan untuk pengembangan UMKM wilayah kelurahan Blimbing tersebut.

“Bahkan kami juga menerima produk UMKM kelurahan Blimbing ini untuk kami display dan jual di Toserba kampus STIE Malangkucecwara,” pungkas Siti Munfariqoh. (A.Y)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Exit mobile version