Kunjungi Rumah Dinas Wali Kota Malang, Zulhas Puji Perkembangan UMKM Kota Malang

Pertumbuhan ekonomi kota Malang di atas perkembangan ekonomi Jawa Timur dengan dukungan UMKM.

ADADIMALANG – Mengaku penasaran dengan kondisi perekonomian di kota Malang yang dinilai bagus khususnya karena Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang banyak berkembang, Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Zulkifli Hasan berkunjung ke Rumah Dinas Wali Kota Malang, Sutiaji.

“Saya melihat kota Malang ini tambah maju terutama UMKMnya dan menjadi kota Kreatif, Kota Malang tumbuh. Itu menggembirakan kami karena ekonominya tumbuh khususnya UMKM khususnya mahasiswa yang membuka cafe-cafe ternyata berkembang dengan baik,” ungkap Zulkifli Hasan usai bertemu dengan Wali Kota Malang siang tadi, Sabtu siang kemarin (19/03/2022).

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) ini, hal tersebut menunjukkan bahwa anak muda di Malang ternyata kreatif dan mampu mewujudkan kreativitas dengan baik sehingga kota Malang tumbuh

“Tetapi dari segalanya itu kuncinya adalah Wali Kota ya. Wali Kotanya siapa dulu dong,” ungkap Zulkifli Hasan menunjukkan dua ibu jarinya mengacung ke atas sebagai wujud pujian kepada Sutiaji.

Sementara itu, Wali Kota Sutiaji menyampaikan pihaknya menerima baik kunjungan Ketua Umum PAN yang hadir bersama rombongannya dari Jakarta ke Kota Malang.

“Sejak awal kepemimpinan kami salah satunya adalah memberikan perhatian pada perkembangan ekonomi kreatif mengingat potensi yang ada di Kota Malang sangatlah besar,” ungkap Wali Kota Malang.

Oleh karenanya, kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah Kota Malang juga mendukung pada pengembangan ekonomi kreatif yang banyak berkembang. Salah satunya adalah dengan adanya regulasi kuota 40.persen penganggaran harus dipergunakan untuk pemberdayaan UMKM dan koperasi.

“Oleh karena itu saat ini sudah lebih dari 40 persen pengadaan barang di lingkungan Pemerintah Kota Malang telah terserap UMKM dan Koperasi. Dan pengembangan UMKM di Kota Malang ke depan akan terus kita dukung dengan adanya regulasi-regulasi yang akan kita buat nantinya,” ujar Wali Kota Sutiaji.

Sementara itu di waktu dan tempat yang sama, Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) kota Malang yakni Lookh Makhfudz menyampaikan keingintahuan Zulkifli Hasan datang ke Kota Malang untuk berdialog bersama Wali Kota Malang tersebut sangatlah wajar mengingat angka pertumbuhan ekonomi kota Malang mencapai 4,21 persen di atas angka pertumbuhan ekonomi Jawa Timur.

“Tentunya pertumbuhan UMKM di Kota Malang yang sangat pesat tersebut memberikan dukungan yang besar bagi pertumbuhan ekonomi Kota Malang yang juga berdampak pada pertumbuhan ekonomi Jawa Timur dan Indonesia pula,” ungkap pria yang juga menjabat sebagai Ketua Fraksi Damai Demokrasi Indonesia DPRD Kota Malang ini.

Dukungan Wali Kota Sutiaji pada pengembangan Ekonomi Kreatif dengan UMKM ada di dalamnya menurut Lookh Makhfudz sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Selain kebijakan yang bersifat regulasi, dukungan konkret pada infrastruktur pengembangan UMKM dan industri kreatif sudah dilakukan Pemerintah Kota Malang saat ini.

“Salah satunya adalah pembangunan gedung Malang Creative Center (MCC) yang dulu awalnya banyak mendapat penolakan, tapi dengan cara-cara yang diambil pak Wali Kota akhirnya pembangunan gedung MCC dapat terus berjalan dan mulai dapat diterima. Ini bukti nyata dukungan Pemerintah Kota Malang,” pungkas Lookh Makhfudz.

Ditanya alasan lain terkait kunjungan Ketua Umum PAN ke Kota Malang tersebut, Lookh hanya me jawab singkat. “Salah satunya untuk mulai memanaskan mesin politik partai,” pungkas Lookh Makhfudz. (A.Y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini