Berita

Siapkan Generasi Unggul, Sekjen Wantannas Isi Kuliah Tamu Maba Polinema

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) Laksamana Madya TNI Dr Ir Harjo Susmoro, S.Sos., SH., MH., M.Tr.Opsla berdialog bersama Mahasiswa Baru Polinema pagi tadi (Foto : AdaDimalang.com/Agus Yuwono)
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) Laksamana Madya TNI Dr Ir Harjo Susmoro, S.Sos., SH., MH., M.Tr.Opsla berdialog bersama Mahasiswa Baru Polinema pagi tadi (Foto : AdaDimalang.com/Agus Yuwono)

Diikuti sekitar 3.300 mahasiswa baru Polinema termasuk yang ada di Kediri, Lumajang dan Pamekasan secara virtual.

ADADIMALANG – Mengambil tema ‘Menyiapkan Generasi Unggul Masa Depan Bangsa Demi Meningkatkan Ketahanan Nasional Di Era Revolusi Industri’, Politeknik Negeri Malang (Polinema) menggelar kuliah tamu dengan menghadirkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) Laksamana Madya TNI Dr Ir Harjo Susmoro, S.Sos., SH., MH., M.Tr.Opsla pagi tadi, Senin (03/10/2022).

Dalam sambutannya di hadapan lebih dari 3.300 mahasiswa baru Polinema, Direktur Polinema Supriatna Adhisuwignjo. ST., MT. menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Sekjen Watannas yang hadir di Kampus Polinema untuk mengisi materi Kuliah Tamu hari ini.

“Tentunya negara dan bangsa ini sangat berharap pada generasi muda termasuk mahasiswa Polinema yang ke depan akan menjadi penerus bangsa untuk dapat berkontribusi dan memberikan warna kepada bangsa dan negara demi kesejahteraan masyarakat setelah nanti menyelesaikan pendidikannya di Polinema ini,” ungkap Direktur Polinema.

Oleh karenanya, Supriatna berharap para mahasiswa Polinema dapat memanfaatkan sebaik mungkin waktu saat menempuh pendidikan di Polinema untuk dapat mencapai cita-cita yang diharapkan.

Pelaksanaan kuliah tamu berjalan dengan baik dimana para peserta kegiatan nampak antusias mengikuti materi yang disampaikan Sekjen Wantannas termasuk banyaknya mahasiswa baru yang mengajukan pertanyaan.

“Allah SWT sebenarnya telah menyiapkan manusia itu sebagai generasi unggul, sebagai ciptaan terbaikNya. Sekarang tinggal bagaimana kita sebagai manusia itu dapat mempertahankan keunggulan dengan mengembalikan lagi kepada Allah SWT” ungkap Harjo Susmoro.

Menurut Sekjen Wantannas, dengan senantiasa mengingat Allah SWT dan mengaitkan semua tindakan selalu didasarkan pada keinginan Allah SWT maka akan dapat menjadi manusia unggul.

“Sebagai orang Indonesia amalkan Pancasila sebagai way of life atau pandangan hidup bangsa dan kesepakatan bersama untuk hidup bersama, berbangsa dan bernegara. Dalam konteks mahasiswa itu maka ada yang namanya Tri Dharma perguruan tinggi, bagaimana proses belajar mengajar itu diarahkan untuk menciptakan generasi unggul yang memiliki spiritual tinggi dan seterusnya yang selalu tidak pernah puas dengan ilmu pengetahuan,” ungkap Harjo Susmoro.

Selain tidak pernah lelah belajar, generasi unggul menurut Harjo Susmoro akan selalu mengembangkan keilmuan yang dimilikinya untuk kemaslahatan umat karena generasi yang unggul adalah generasi yang tidak mementingkan dirinya sendiri tetapi juga memberikan kemaslahatan.

“Dan ini sangat sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh Allah SWT dan Rasulullah Muhammad SAW bahwa sebaik-baiknya manusia adalah yang mampu untuk memberikan manfaat dan di sinilah sebenarnya Tri Dharma Perguruan Tinggi itu berperan untuk mencetak generasi unggul yaitu generasi yang mampu mendarmabhaktikan dirinya dan memberikan manfaat bagi masyarakat dan sekitarnya,” ujar Harjo Susmoro.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) Laksamana Madya TNI Dr Ir Harjo Susmoro, S.Sos., SH., MH., M.Tr.Opsla bersama Direktur Polinema Supriatna Adhisuwignjo St., MT dan pimpinan Polinema usai Kuliah Tamu di Graha Polinema (Foto : AdaDiMalang/Agus Yuwono)

Ditemui usai Kuliah Tamu, Direktur Polinema, Supriatna Adhisuwignjo menyampaikan kegiatan Kuliah Tamu tersebut adalah bagian dari kegiatan pembinaan mahasiswa baru Polinema angkatan tahun 2022 setelah beberapa kegiatan yang lainnya.

“Kegiatan ini untuk memberikan bekal-bekal awal. bekal-bekal yang dipakai nanti sebagai dasar untuk para mahasiswa baru kita dalam rangka masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, hari ini agendanya pembekalan bagi para mahasiswa baru yang memang kita sengaja mengambil tema ini untuk menyadarkan, memberikan pemahaman, wawasan kepada mahasiswa baru Polinema bahwa mereka bagian dari generasi muda yang nanti akan menjadi generasi penerus bangsa ini,” ungkap Supriatna.

Oleh karenanya, para mahasiswa baru diharapkan dapat benar-benar menyiapkan diri sebaik-baiknya agar menjadi SDM yang unggul yang kelak akan dapat berkiprah, berkarya, berkarir dan berkontribusi bagi pembangunan bangsa dan negara untuk menyejahterakan masyarakat.

“Mahasiswa saat ini harus paham bahwa pada saat mereka mengikuti kuliah di era revolusi industri 4.0 ini mereka tahu dan sadar bahwa tantangan yang akan dihadapi juga tidak ringan, tidak mudah sehingga perlu memantapkan niat dan semangat agar mahasiswa baru kita memiliki semangat dan tekad yang lebih kuat lagi. Karena masa depan bangsa dan negara ini tergantung dari apa yang akan mereka lakukan hari ini, sehingga kesiapan mereka untuk menjadi generasi muda yang unggul inilah yang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara ke depan,” ungkap Supriatna Adhisuwignjo.

Terkait dengan penyiapan SDM yang unggul tersebut menurut Supriatna akan sangat terkait dengan bagaimana menyambut era bonus demografi dimana usia produktif akan sangat jauh lebih banyak daripada usia yang tidak produktif nantinya.

“Memang pada tahun-tahun ini hingga perkiraan tahun 2030 itu dianggap sebagai masa keemasan untuk Indonesia dengan bonus demografi, sehingga ini momentum yang sangat positif dan sangat baik bagi para mahasiswa terutama mahasiswa baru Polinema bahwa mereka pada saat ini hari ini mereka ini memasuki sebuah periode keemasan yang harus benar-benar dioptimalkan agar juga mereka nanti bisa menjadi calon-calon tenaga kerja yang memiliki kompetensi dan keterampilan tertentu sehingga mereka dapat meningkatkan aspek produktivitas kerjanya yang tentunya diharapkan oleh perusahaan, masyarakat, bangsa dan negara,” pungkas Direktur Polinema, Supriatna Adhisuwignjo, ST., MT.

Mahasiswa Baru bersimpati atas terjadinya tragedi Stadion Kanjuruhan menunjukkan dukungannya saat kuliah tamu pagi tadi (AdaDimalang.com/Agus Yuwono)

Penilaian pada Mahasiswa Baru Polinema

Terkait dengan mahasiswa baru Polinema yang mengikuti materi kuliah tamunya, Sekjen Wantannas menyampaikan bahwa Mahasiswa Baru Polinema dinilainya memiliki semangat yang cukup bagus.

“Dan insyaAllah mereka akan dididik dengan baik, diperhatikan dengan baik, diarahkan dengan baik sesuai dengan Tri Dharma perguruan tinggi Polinema ini. Dan tentunya mereka ini akan menjadi potensi yang luar biasa bagian dari bonus demografi yang terdidik dengan baik maka insya Allah ke depan akan menjadi generasi unggul yang mampu memberikan manfaat kepada bangsa dan negara,” pungkas Laksamana Madya TNI Dr Ir Harjo Susmoro, S.Sos., SH., MH., M.Tr.Opsla. (A.Y)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Exit mobile version