Dukung Pengembangan UMKM, Mahasiswa UPN Veteran Jatim Ajarkan Digital Marketing

Home | Berita | Dukung Pengembangan UMKM, Mahasiswa UPN Veteran Jatim Ajarkan Digital Marketing
Dukung Pengembangan UMKM, Mahasiswa UPN Veteran Jatim Ajarkan Digital Marketing

Dalam rangka penerapan program RT Keren bagi masyarakat kota Blitar.

ADADIMALANG – Sebagai wujud implementasi dari pelaksanaan program RT Keren (Keberagaman, Religius, dan Nasionalis) yang memberikan bantuan dana sebesar Rp.50 juta yang terbagi untuk pembangunan fisik sebesar 70 persen dan pembangunan non fisik sebesar 30 persen.

Salah satu implementasi pembangunan non fisik yang dilaksanakn oleh warga Desa Kepanjen Lor adalah menggelar sosialisasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Digital Marketing oleh kelompok 26 mahasiswa UPN ‘Veteran’ Jawa Timur yang tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T).

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di Balai RW RT 5 tersebut diikuti warga RT 1 RW 5 Kepanjen Lor yang terdiri dari warga setempat dan perwakilan Kelompok Masyarakat (Pokmas), Karang Taruna, Lurah serta perangkat Kelurahan Kepanjen Lor.

“Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini membuat para pelaku UMKM harus dapat beradaptasi guna mengembangkan bisnis mereka, terutama dengan penggunaan Digital Marketing sebagai media pemasaran UMKM,” jelas Afika Qothrunnada yang merupakan salah satu anggota Kelompok 26 KKN-T UPN ‘Veteran’ Jawa Timur.

Menurut Afika, materi UMKM diisi Asna sebagai pengisi materi sosialisasi UMKM ‘Singkong Crispy’ sementara mahasiswa Kelompok 26 KKN-T UPN ‘Veteran’ Jatim memberikan materi Digital Marketing melalui tiktokshop.

Usai pemberian materi tentang UMKM, masyarakat dan pelaku UMKMRT 01 RW 05 Kepanjen Lor ini diberi materi perihal Digital Marketing guna memasarkan atau mendistribusikan hasil produksi UMKM warga.

“Mahasiswa UPN Veteran Jatim ini mendampingi warga yang merasa kesulitan dalam melakukan pendaftaran di online shop mulai dengan pendaftaran atau pembuatan akun, upload foto dan video, hingga pemasaran produk,” ujar Afika.

Menyadari pentingnya materi yang diberikan, warga dan pelaku UMKM sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut yang dapat dilihat dengan peran aktif peserta pelatihan mengikuti kegiatan pelatihan.

“Melalui sosialisasi dan pelatihan yang dilaksanakan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para warga RT 01 RW 05 Kelurahan Kepanjenlor terutama dalam pemasaran melalui digital marketing untuk meningkatkan penjualan UMKM setempat,” pungkas Afika. (A.Y)

Leave a Reply