Adadimalang.com

The Art of News

banner 728x90

Gelar Pameran Karya Kreatif Indonesia, BI Dorong UMKM Menjadi Kekuatan Baru Ekonomi

Gelar Pameran Karya Kreatif Indonesia, BI Dorong UMKM Menjadi Kekuatan Baru Ekonomi
Wali Kota Malang bersama Kepala BI Malang meninjau stan UMKM dalam Pameran KKI yang diselenggarakan BI

Dilaksanakan secara daring dan luring dalam kondisi pandemi Covid-19.

ADADIMALANG – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) telah terbukti mampu bertahan dalam kondisi perekonomian yang tengah sulit. Di tahun 1999 ketika terjadi krisis ekonomi, UMKM mampu bertahan dan membuktikan sebagai kekuatan ekonomi yang tangguh dan dapat diandalkan.

Dalam kondisi ekonomi yang cukup sulit akibat pandemi Covid-19 saat ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang menggelar Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) untuk meningkatkan akses pasar UMKM pagi hari tadi, Jumat (20/11/2020).

Dalam kegiatan yang digelar di Hotel Tugu Kota Malang ini, pameran KKI juga dihadiri oleh Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji, Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM, Wahyu Setyanto, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Malang Sugiarto Kasmuri dan tamu undangan lainnya.

Dengan pelaksanaan KKI ini, BI senantiasa mendukung Pemerintah menjadikan UMKM sebagai kekuatan baru perekonomian baik di level daerah.

“Jadi acara Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) hari ini dilaksanakan secara serentak mulai dari Jakarta dan
Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) di daerah. Pameran KKI BI bersama UMKM binaan ini merupakan yang pertama kali di display secara fisik dalam kondisi pandemi Covid-19,” ungkap Kepala Kantor Perwakilan BI Malang, Azka Subhan.

Pameran KKI yang menampilkan produk UMKM binaannya ini dibatasi jumlah pesertanya dalam rangka memenuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Meskipun jumlahnya terbatas tapi kita maksimalkan dimana para penonton juga kita bikin shift untuk memenuhi protokol kesehatan dalam hal physical distancing,” ungkap Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang.

Saat ditanya tentang pendampingan yang dilakukan dilakukan oleh Bank Indonesia untuk pengembangan UMKM di wilayahnya, Azka menjelaskanjika pendampingan yang dilakukan tetap berjalan seperti biasa dalam bentuk capacity building.

“Ada juga kita melaksanakan pameran seperti KKI ini secara visual hingga ke tingkat nasional mengingat kondisinya masih pandemi covid 19,” pungkas Azka Subhan.

Sementara itu Wali Kota Malang Drs H. Sutiaji menyampaikan apresiasinya terhadap kepedulian dan keaktifan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang dalam mendukung dan mendampingi UMKM di wilayah kota Malang.

“Saya menjadi saksi bagaimana Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang ini turun ke lapangan untuk melakukan pendampingan secara langsung hingga membantu akses ke perbankan,” ungkap Wali Kota Malang.

Perlu diketahui, KKI telah dilaksanakan oleh Bank Indonesia (BI) sehingga UMKM binaan dan mitra Bank Indonesia di seluruh nusantara didorong untuk secara kontinyu melakukan inovasi, memperbaiki kualitas produk sesuai selera pasar dan berorientasi ekspor. Selain itu juga diharapkan dapat memanfaatkan platform digital agar dapat menembus pasar internasional.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, penyelenggaraan KKI di tahun 2020 ini diselenggarakan dengan konsep virtual dan dilakukan secara berseri yaitu Seri I Sinergi untuk UMKM Ekspor pada tanggal 28 hingga 30 Agustus 2020, seri II Sinergi untuk UMKM Digital pada bulan Oktober 2020 dan seri III Sinergi UMKM untuk Sahabat Milenial pada hari ini selama tiga hari yang diikuti 377 UMKM binaan Bank Indonesia secara bergantian. (A.Y)

Tags: , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan