Adadimalang.com

The Art of News

banner 728x90

Pihak RSSA Malang Sambut Baik Pembangunan RS Lapangan

Pihak RSSA Malang Sambut Baik Pembangunan RS Lapangan
Ilustrasi Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang

ADADIMALANG – Pembangunan Rumah Sakit (RS) lapangan di Politeknik Kesehatan Malang (Polkesma) disambut baik oleh manajemen Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang. Sebab, pembangunan RS lapangan tersebut bisa mengurangi beban penanganan Covid-19 di RSSA.

“Pada intinya kami sebagai pengampu ya support akan adanya RS lapangan baik itu tenaga medis maupun fasilitas kesehatan,” ungkap Kassubag Humas RSSA Kota Malang, Donny Iryan pada Selasa 1 Desember 2020.

Ia mengungkapkan bahwa Dirut RSSA Kota Malang, Kohar Hari Santoso bersama dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Timur, sudah melakukan peninjauan lapangan terkait lokasi pembangunan RS lapangan.

“Kami mendukung sepenuhnya kebijakan dari Pemprov Jatim,” katanya.

Secara teknis kata Donny jika nantinya ada pasien Covid-19 dengan gejala ringan hingga sedang, nantinya oleh pihak RSSA akan dirujuk ke RS lapangan tersebut, jika kondisi dari Instalasi Gawat Darurat (IGD) sudah penuh.

“Itu pasti akan mengurangi beban RS rujukan yang ada di Malang. RS lapangan berfungsi sebagai safe house bagi pasien Orang Tanpa Gejala (OTG), gejala ringan hingga berat. Kalau gejala berat maupun pasien yang memiliki komorbid itu di rawat di RS rujukan,” tuturnya.

Sebelumnya, RS lapangan sempat direncanakan bakal beroperasi pada November 2020, lalu. Namun, berdasarkan evaluasi Pemprov Jatim melalui Gugus Tugas Covid-19 Jatim, pembangunan RS lapangan ditunda terlebih dahulu.

Alasannya adalah berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan ditemukan kesimpulan bahwa kasus Covid-19 di Malang Raya mengalami penurunan. Namun, pasca libur panjang terjadi lonjakan pasien rujukan Covid-19 di beberapa RS rujukan. (A.Y)

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan