Adadimalang.com

The Art of News

banner 728x90

Tingkatkan kualitas dosen yang menulis buku, Polinema gelar Workshop Menjadi Reviewer

Tingkatkan kualitas dosen yang menulis buku, Polinema gelar Workshop Menjadi Reviewer

Kota Malang – Meski telah berhasil mencapai target yang ditentukan untuk menulis 100 judul buku setahun oleh para dosen pengajarnya yang merupakan jumlah tertinggi di tataran perguruan tinggi di Indonesia, rupanya tidak membuat cepat puas pihak Politeknik Negeri Malang (Polinema) yang menggelar workshop reviewer selama dua hari yang dimulai sejak pagi hari ini, Rabu (04/04).

Ketua Panitia Workshop, Abdul Muqid menjelaskan bahwa acara workshop reviewer tersebut salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan kapasitas dosen-dosen Polinema yang menulis buku ataupun menjadi reviewer buku.

“Di Polinema pada tahun 2017 telah berhasil memenuhi target sebanyak 100 judul buku bawah dan tahun 2018 Ini ada 100 judul buku yang harus dipenuhi, sehingga para doktor ataupun dosen yang sedang menempuh pendidikan S3 bisa meningkatkan kualitasnya dengan mengikuti workshop reviewer ini,” ungkap Abdul Muqid di sela-sela acara workshop.

Tujuan dari pelaksanaan workshop menurut Abdul Muqid diharapkan para penulis buku di Polinema itu bisa mengetahui perkembangan terbaru di bidang penulisan buku mengingat saat ini ada perbedaan sistem dan model penulisan buku di saat ini.

“Selain meningkatkan kualitas penulisan para dosen Polinema, dengan mengikuti workshop ini maka para dosen Polinema diharapkan bisa memberikan review terhadap suatu tulisan atau buku yang akan dicetak. Jangan sampa sudah di acc para dosen ternyata nanti ditolak oleh pihak Jakarta,” ujar Abdul Muqid.

Dalam workshop menjadi reviewer buku selama dua hari tersebut menghadirkan beberapa narasumber di bidang penerbitan buku nasional  yakni Ketua Asosiasi Penerbit Perguaruan Tinggi (Apptisi) Pusat dan penulis dari Tempo yang sudah memiliki banyak buku serta narasumber nasional lainnya.

“Untuk hari ini akan full materi, sementara besok akan diisi dengan coaching clinic bersama Maya Anggraeny komandan jurnal perbukuan,” jelas Abdul Muqid.

Sementara itu, Direktur Polinema Awan Setiawan menyambut positif kegiatan workshop bagaimana menjadi reviever buku tersebut karena bisa mendukung pencapaian kembali target yang telah menjadi kesepakatan dengan Kemenristekdikti yakni 100 judul buku pertahunnya.

“Dengan workshop ini maka para Doktor serta dosen yang sedang menempuh pendidikan S3 bisa meningkatkan kemampuan dan wawasan terkait dengan buku, penerbitan hingga jurnal,” ungkap Direktur Polinema, Awan Setiawan.

Awan Setiawan mengaku pencapaian target 100 judul buku setahun tersebut awalnya tidak mudah dilakukan oleh Polinema, tetapi dengan segala upaya seperti pelatihan dan workshop-workshop seperti hari ini akhirnya target 100 judul buku di tahun 2017 lalu bisa tercapai. (A.Y)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan