Adadimalang.com

The Art of News

banner 728x90

Wartawan Ideal Di Masa Pandemi Covid-19

Wartawan Ideal Di Masa Pandemi Covid-19
SIWO PWI Kota Malang menggelar diskusi publik wartawan tangguh di masa pandemi, Minggu (29/11/2020).

ADADIMALANG – Menyadari menjalankan profesi sebagai wartawan di saat pandemi ini juga cukup riskan, wartawan diminta dapat menjadi tangguh dengan menjadi wartawan yang ideal di saat pandemi Covid-19 saat ini.

Hal tersebut dibahas dalam kegiatan diskusi publik Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) Kota Malang di Hotel Ibis Style Malang pagi tadi, Minggu (29/11/2020).

Dalam kegiatan diskusi publik tersebut, Ketua PWI Malang Raya M. Ariful Huda SPd., MPd., menyampaikan bahwa SIWO PWI sudah sering melaksanakan kegiatan diskusi.

“Dengan pelaksanaan diskusi kali ini kami berharap akan ada tambahan wawasan bagi para wartawan sehingga dapat tetap menjalankan kegiatan jurnalistiknya dan tetap aman dan terhindar dari paparan Covid-19,” ungkap Ketua PWI Malang Raya.

Diskusi publik SIWO PWI Kota Malang ini menghadirkan Juru Bicara Satgas Covid Kota Malang dr. Husnul Muarif dan Wartawan Senior Kota Malang Yunanto sebagai pemateri dengan bahasan yang berbeda.

“Saya yakin wartawan sudah tahu bagaimana cara menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari paparan Covid-19. tetapi lebih penting daripada itu, butuh komitmen untuk menerapkannya setiap hari dalam aktivitas mereka,” ungkap dr Husnul Muarif.

Bahkan selain memberikan wawasan tentang Covid-19 dengan lebih detail, dr Husnul Muarif juga menyampaikan agar aktivitas pekerjaan harus dapat dijalankan dengan nyaman, aman dan sehat.

“Selain itu olahraga juga perlu dilakukan. Harus diingat pula, olahraga itu harus baik dan benar. Misalkan jenis olahraga yang akan dilakukan harus menyesuaikan dengan usia sehingga tidak justru berdampak buruk pada kesehatan,” ungkap pria yang dipercaya menjabat sebagai Direktur RSUD Kota Malang ini.

Sementara itu, Wartawan Senior kota Malang Yunanto juga memberikan materi tentang pola ideal wartawan dalam kondisi pandemi covid-19.

“Jika merujuk pada keterangan dr. Husnul Muarif tadi, maka yang ideal itu wartawan harus dapat menerapkan protokol kesehatan jika dibahas secara medis. Namun jika disampaikan dalam konteks profesi maka wartawan ideal itu adalah yang mengerti dan paham akan tugas pokok dan fungsinya,” ungkap Yunanto.

Menurut Yunanto, wartawan diharapkan memiliki pengetahuan yang luas dan melek hukum serta memiliki daya persepsi.

“Modal utama yang harus dimiliki wartawan itu adalah memanusiakan manusia. Sehingga wartawan tangguh itu adalah tangguh dalam berkarya yang karyanya dapat mencerdaskan khalayak komunikan medianya,” pungkas Yunanto.

Pelaksanaan diskusi publik tetap menjalankan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, menjaga jarak dan juga sering mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer selama kegiatan. (A.Y)

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan