Adadimalang.com

The Art of News

banner 728x90

Mall Boleh Buka Tapi Wajib Patuhi Protokol Kesehatan

Mall Boleh Buka Tapi Wajib Patuhi Protokol Kesehatan

Forkopimda Kota Malang tinjau Matos di masa transisi menuju New Normal.

ADADIMALANG – Memasuki masa transisi menuju penerapan New Normal, beberapa pusat perbelanjaan kembali beroperasional hari ini, Senin (01/06/2020).

Usai melaksanakan Apel Pasukan Gabungan untuk persiapan penerapan New Normal, Komandan Kodim 0833 kota Malang bersama dengan Kapolresta Malang Kota dan Sekretaris Daerah kota Malang serta yang lainnya melakukan peninjauan ke Malang town Square (Matos) salah satu pusat perbelanjaan yang mulai buka atau beroperasional.

Dalam kunjungannya, Forkopimda kota Malang melihat secara langsung bagaimana situasi kondisi yang ada di salah satu pusat perbelanjaan besar di kota Malang tersebut, termasuk melihat bagaimana penerapan protokol kesehatan oleh pihak pengelola pusat perbelanjaan ataupun masyarakat yang datang.

“Masih ada pelanggaran-pelanggaran protokol kesehatan seperti tidak memakai masker atau menjaga jarak, termasuk orang tua belum mengenakan anak mereka masker,” ungkap komandan Kodim 0833 kota Malang, Letkol Inf Tommy Anderson kepada AdaDiMalang usai melakukan peninjauan.

Dalam masa transisi ataupun saat sudah diterapkan New Normal, Dandim 0833 kota Malang menegaskan akan ada aparat keamanan baik TNI Polri ataupun personel keamanan lainnya yang disiagakan di titik-titik keramaian untuk menjaga protokol kesehatan tetap dilaksanakan.

“Tetap memerlukan peran serta semuanya baik itu masyarakat ataupun dari para pelaku usaha. Misalkan saja para pelaku usaha diminta untuk membatasi kapasitas pengunjung yakni 50 persen dari kunjungan dalam kondisi normal dan bagi tenant yang memiliki kecenderungan adanya antrian harus menyediakan tempat untuk antri dengan jarak yang telah disesuaikan dengan protocol kesehatan. Jadi dari pengusaha atau pelaku usaha juga harus melengkapi diri dengan fasilitas agar pengunjung tetap bisa physical distancing,” ungkap Letkol Inf Tommy Anderson.

Sebelum mengakhiri kunjungan, Dandim 0833 kota Malang berharap agar dalam masa transisi ataupun saat sudah New Normal nantinya masyarakat tidak terlalu euforia karena tetap harus memtuhi protokol kesehatan.

“Prioritaskan tetap beraktivitas di rumah jika tidak ada keperluan yang benar-benar penting atau tidak bisa dihindarkan,” pungkas Letkol Inf Tommy Anderson.

Kunjungan ke Matos siang hari tadi diikuti oleh Kapolresta Malang Kota KBP Leonardus Harapantua Simarmata Permata beserta jajaran, Sekda Kota Malang Wasto beserta jajaran, Kasatpol PP Kota Malang Priayadi beserta jajaran dan perwakilan Malang Town Square (Matos) yang mendampingi selama pelaksanaan kunjungan Forkopimda kota Malang tersebut.

Terkait dengan dibukanya kembali Malang Town Square (Matos) setelah sempat tutup sementara, Lippo Malls Indonesia  (LMI) yang mengelola lebih dari 70 Mall (termasuk Matos) telah menyiapkan prosedur menuju new normal di  lebih dari 70 mall seperti prosedur kebersihan dan keamanan pengunjung dan karyawan yang mengacu pada protokol kesehatan.

Hal tersebut sebagai wujud dukungan kebijakan Pemerintah dalam menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus rantai penuaran Virus Corona (Corona Virus DeseaseCovid-19), Lippo Malls Indonesia (LMI) kembali membuka Mall yang dikelolanya dengan menyesuaikan aturan PSBB di masing-masing daerah.

“Untuk fasilitas Pencegahan dan Keamanan maka kami melakukan pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki area mall dengan batas maksimal adalah 37,5o celcius serta mewajibkan penggunaan masker selama berada di area mall serta menyediakan hand sanitizer di beberapa titik strategis dan mudah dijangkau untuk memberikan kemudahan menjaga kebersihan tangan serta menerapkan prosedur jaga jarak,” jelas Corporate PR & Reputation Management Lippo Malls Indonesia, Nidia N. Ichsan saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Bahkan Nidia menegaskan pihak pengelola (LMI) akan melakukan pengawasan internal di titik-titik yang dimungkinkan terjadi antrian atau pelanggaran physical distancing tersebut.

“selain kita juga melakukan pengawasan dan menyediakan sarana prasarana untuk memutus rantai penularan, kita berharap pengunjung mall juga peduli (aware) terhadap upaya untuk menerapkan protocol kesehatan Covid-19 tersebut,” pungkas Nidia N. Ichsan. (A.Y)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan