Adadimalang.com

The Art of News

banner 728x90

Petani Apel Batu Mengeluh Karena Harga Apel Anjlok

Petani Apel Batu Mengeluh Karena Harga Apel Anjlok

Disebabkan masa panen yang bersamaan dengan komoditas buah yang lain.

Kota Batu – Disebabkan masa panen yang bersamaan dengan komoditas buah yang lain, harga Apel Batu anjlok hingga dikeluhkan oleh para petani apel.

Salah satunya adalah pengusaha ekspedisi buah Apel kota Batu, Didik Subiyanto yang mengungkapkan bahwa harga apel di petani tergolong rendah di tahun 2019 ini karena bersamaan dengan buah musiman yang juga kini tengah memenuhi pasar.

“Selain karena panennya melimpah, juga bersaing dengan harga musiman lainnya seperti buah mangga, rambutan, duku dan buah naga,” kata Biyanto, sapaan akrabnya (15/02).

Menurut Biyanto, harga jual petani masih sangatlah rendah yakni berkisar di harga Rp.3000- Rp.5000 untuk setiap kilogram yang tak sebanding dengan ongkos operasional biaya perawatan.

“Satu pohon biayanya berkisar Rp.60 ribu untuk setiap pohon apel dengan hasil 20-30 kilogram buah apel,” ungkap Biyanto.

Oleh karenanya, Biyanto berharap agar pemerintah kota Batu memiliki perhatian lebih pada perkembangan buah apel. Mengingat buah Apel merupakan icon kota wisata Batu dan banyak petani Apel kota Batu yang hidup dari bidang perkebunan tersebut.

Seperti yang diketahui, komoditas buah apel bagi Kota Batu memiliki peran yang sangat penting. Selain dalam sektor ekonomi, selama ini perkembangan buah apel dikota Batu juga menjadi pendorong perkembangan sektor pariwisata.

Keindahan tanaman ini ketika tengah berbuah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke Kota Batu. Oleh karena itu, Kota Batu menjadikan buah apel ini menjadi identitas kotanya hingga saat ini. (Jaz)

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan