Adadimalang.com

The Art of News

banner 728x90

Lonjakan Pasien Covid-19, RS Lapangan Akan Segera Dibangun Di Kota Malang

Lonjakan Pasien Covid-19, RS Lapangan Akan Segera Dibangun Di Kota Malang
Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang

Akan dibangun di Politeknik Kesehatan Malang (Polkesma).

ADADIMALANG – Menindaklanjuti penuhnya kapasitas bed isolasi di beberapa Rumah Sakit (RS) rujukan di Malang Raya. Pembangunan RS lapangan bagi pasien Covid-19 tanpa gejala, gejala ringan maupun gejala sedang bakal dibangun di Politeknik Kesehatan Malang (Polkesma).

Pembangunan RS lapangan tersebut akan memakan waktu selama 10 hari untuk melakukan renovasi pada ruangan Polkesma. Wakil Direktur (Wadir) III Bidang Kemahasiswaan Polkesma, Ganif Djuwadi mengungkapkan kapasitas RS lapangan tersebut sebanyak 306 bed isolasi.

“Ini persiapan untuk RS lapangan targetnya dari Pemprov Jatim, 10 hari sudah harus jadi untuk renovasi (penyediaan bed isolasi),” tuturnya pada Selasa 1 Desember 2020, melalui sambungan telepon seluler.

Ganif mengatakan dalam hal ini Polkesma, hanya menyediakan lahan untuk pembangunan RS lapangan. Namun, terkait teknis persiapan dan penyediaan tenaga medis nanti akan diatur oleh Pemprov Jatim.

“Poltekkes hanya menyediakan fasilitas tempat, kemudian sarana yang bisa digunakan,” ujarnya.

Penyediaan tenaga medis serta sarana dan prasarana pendukung kata Ganif akan dibahas setelah proses renovasi penyediaan bed isolasi rampung dalam waktu 10 hari nanti.

“Nanti akan ada pembahasan lagi setelah renovasi. Pembahasan berkaitan dengan struktur (pengurus RS lapangan), pengelolaannya, sarprasnya, termasuk dengan usulan tenaga kesehatan dan relawan,” katanya.

Ganif menambahkan nantinya RS lapangan tersebut akan diampu oleh Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang untuk penyediaan tenaga medis dan relawan.

“Terkait tenaga relawan medis nanti dari Polkesma bisa membantu. Karena kami yang punya tempat (pembangunan RS lapangan),” tutupnya. (A.Y)

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan